Gubernur Rohidin Ikut Nonton Lomba Tari Kreasi

Published by kominfo news on


Bengkuluprov – Festival Tabut sebagai salah satu event tahunan Pemerintah Provinsi Bengkulu, saat ini masuk dalam 30 top event Nasional.
“Saat ini sudah lumayan tertata, antusias para penggiat seni juga semakin bagus. Saya menyaksikan langsung, dari berbagai sisi sudah mulai lebih baik,” ujar Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai nonton lomba tari kreasi tabut, (2/9).
Menurut gubernur, Festival Tabut telah menjadi warisan budaya, dan menjadi salah satu identitas Bengkulu di mata nasional aupun internasional. Oleh sebab itu, lanjut gubernur, semua pihak dapat bekerjasama, ikut serta mensukseska dan menjaga kelancaran acara, termasuk menjaga lokasi festival tetap bersih dana nyaman bagi pengunjung.

Alunan serunai diiringi hentakan suara dhol yang atraktif, semakin memperkuat energi magis tari kreasi dalam Festival Tabut 2019. Nuansa sakral hasil visualisasi peristiwa padang Karbala yang terjadi pada seribu tiga ratusan tahun yang lalu, berhasil diramu dalam koreografi seni tari.
Babak penyisihan kedua Lomba tari kreasi pada Festival Tabut 2019, berlangsung lebih hangat. Para penonton terlihat memadati area panggung utama Lapangan Merdeka Kota bengkulu.
Lomba tari kreasi dalam Festival Tabut yang sebagian besar mengangkat tema momentum 1-10 Muharram, dan dikemas dengan perpaduan kearifan lokal Bengkulu yang khas.
Selain ajang kompetisi para penggiat kreasi seni tari Bengkulu, momentum ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahmi para penggiat seni di Provinsi Bengkulu.
Sebagaimana ditegaskan dewan juri pada babak penyisihan sebelumnya, kriteria penilaian Lomba Tari Kreasi Tabut ini meliputi penataan, penampilan dan keserasian antara tema, judul, tari dan musik. Penampilan yang disuguhkan harus bercerita, serta harus ada simbol-simbol yang dimunculkan. (mc – diskominfotikprovbkl)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × four =