Gubernur Rohidin: Pejabat Perlu Memiliki Jiwa Leadership Mumpuni untuk Memajukan Daerah

Published by Isan Haicing on

Guna menciptakan pemimpin berkualitas untuk mendukung kemajuan daerah, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemerintah Provinsi menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Reguler Angkatan VII & VIII tahun 2023 di Aula BPSDM, Selasa (8/8).

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) ini memang khusus diperuntukkan bagi utusan dari kabupaten se-Provinsi Bengkulu. Hal ini agar para pejabat eselon III mampu menjadi pemimpin yang diharapkan dalam mendukung kemajuan daerah.

“Jadi kita harapkan mereka menjadi lead kepemimpinan pada level middle, karena rata-rata yang mengikuti PKA kali ini merupakan pejabat Eselon III di Kabupaten. Sehingga, hasilnya nanti dapat mengubah pola perilaku mindset berpikir peserta bahwa memajukan daerah itu penting,” ujar Gubernur usai membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA).

Lebih lanjut kata Rohidin, PKA ini juga mendorong kemampuan berinisiatif, membangun kreativitas, dan yang tidak kalah penting teknik komunikasi seorang pemimpin harus memiliki jiwa leadership.

“Secara teknis, semua peserta ini sudah mumpuni semua.Tapi kemampuan leadership ini yang harus dikembangkan sehingga apa yang menjadi kebijakan Gubernur ataupun kebijakan Bupati mereka bisa menerjemahkan. Sehingga, Gubernur atau Bupati tidak bekerja sendiri tapi betul-betul kepala/pimpinan OPD tersebut yang menggerakkan,” terang Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Sementara itu, Sekretaris BPSDM Provinsi Bengkulu Syamsudin menyampaikan, Pelatihan PKA ini diikuti oleh 60 peserta dari Kabupaten se-provinsi Bengkulu. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pejabat administrator.

“Sasaran penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator adalah untuk mencetak pemimpin-pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, metode pelaksanaan PKA reguler Angkatan VII & VIII tahun 2023 ini dilaksanakan secara blended learning yaitu memadukan antara pembelajaran klasikal dan daring.

Melalui pelatihan ini lanjutnya lagi, diharapkan mampu mencetak pemimpin – pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajerial, kinerja dan kemampuan yang tinggi dalam mengarahkan Visi dan Misi pemerintah daerah.

“Pejabat administrator adalah sosok pemimpin perubahan di unit kerjanya, memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan. Kemampuan memimpin perubahan peningkatan kinerja organisasi yang kemudian menentukan keberhasilan perubahan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Reguler Angkatan VII & VIII tahun 2023 akan berlangsung yaitu Angkatan VII, 3 Juli hingga 14 November dan Angkatan VIII tanggal 6 Juli hingga 17 November 2023. [Dimas]

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *