Gubernur Rohidin: Penguatan Sinergi dan Kolaborasi Sumbagsel Belajasumba Sokong Pembangunan Nasional

Published by APS on

Penguatan sinergi dan kolaborasi pembangunan daerah untuk menyokong pembangunan nasional, menjadi sebuah kebutuhan bagi 5 provinsi yang berada di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang terangkum sebagai Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung).

Terlebih secara historis, geografis wilayah dan budaya, provinsi yang tergabung dalam Belajasumba diketahui banyak sekali kemiripan.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat hadir sekaligus memberikan sambutan pada Musyawarah Daerah (Musda) dan Pelantikan Pengurus Daerah Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya Provinsi Bengkulu Periode 2022 – 2027, di Hotel Mercure Bengkulu, Sabtu (16/07).

“Maka melalui forum TP Sriwijaya ini, penguatan satu sama lain itu menjadi sebuah kebutuhan, sehingga nanti kita mempunyai posisi tawar yang baik dalam konteks nasional bahkan internasional. Sumbagsel akan diperhitungkan banyak pihak kalau menyatu dalam sebuah ikatan yang kuat,” jelas Gubernur Rohidin.

Salah satu dorongan mewujudkan Sumbagsel sebagai penyokong pembangunan nasional, Gubernur Rohidin diketahui telah melakukan beberapa gebrakan dengan fokus utama menjadikan kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu menjadi beranda Sumbagsel.

Dengan membuka konektivitas antar Belajasumba yaitu diantaranya Mukomuko – Kerinci, Lebong – Merangin, Tanjung Iman – Muara Sahung – Batas Oki Timur dan Seluma – Empat Lawang. Disamping dengan pembangunan Jalan Tol Bengkulu – Curup – Lubuk Linggau yang saat ini telah selesai seksi Bengkulu – Taba Penanjung.

“Sehingga yang dipelopori TP Sriwijaya kami sambut baik atas nama gubernur dan masyarakat Bengkulu. Dan ini juga sudah kami sepakati dengan 4 gubernur lain dari Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung di bawah satu kendali dan kesatuan Sumbagsel,” pungkasnya.

Lanjut Gubernur Bengkulu ke-10 ini, atas keberadaan Srikandi TP Sriwijaya yang fokus pada penguatan sektor perlindungan perempuan dan anak ini, juga sangat strategis dalam menata generasi terbaik demi kemajuan Bengkulu.

“Juga dengan Srikandi TP Sriwijaya Bengkulu, saya berharap bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk menciptakan daerah pemberdayaan perempuan dan kabupaten/kota layak anak,” pungkasnya.

Ketua Umum Srikandi TP Sriwijaya Nyimas Aliah mengatakan, sebagai badan otonom dari TP Sriwijaya siap mendukung program pemerintah daerah di Bengkulu sektor perempuan dan anak, dengan visi utama Srikandi TP Sriwijaya mewujudkan kualitas perempuan dan melindungi anak.

“Sehingga visi ini diturunkan di Provinsi Bengkulu dengan dikolaborasikan dengan visi Gubernur dan Wagub Bengkulu yaitu maju, sejahtera dan hebat serta berkualitas,” sebutnya.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 2 =