Gubernur Rohidin Tekankan Penyaluran Bantuan Optimal dan Tepat Sasaran

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melepas Penyerahan Bantuan Beras PPKM 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) se Provinsi Bengkulu, di Gudang Bulog Sidomulyo KM. 8 Kota Bengkulu, Ahad (18/07).

Dikatakan Gubernur Bengkulu ke-10 ini, berdasarkan surat Menteri Sosial No. S-147/MS/C/3.3/BS.01/7/2021 tanggal 15 Juli 2021 Perihal Penanganan Bencana melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP), meminta kepada Dirut Perum Bulog untuk menyalurkan CBP kepada 20 Juta KPM PKH & BST, kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu mendapatkan kuota bantuan beras sebanyak 77.747 KPM PKH & 44.891 KPM BST atau sebanyak 122.638 KPM dengan kuantum 10 Kg beras medium per KPM atau sebanyak 1.226.380 kg beras untuk satu kali salur.

“Jadi memang kebijakan kita langsung, karena PPKM ditetapkan maka kita menyalurkan bantuan beras pemerintah. Ini masing-masing 10 kilogram untuk 122.638 KPM. Data dari Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, bantuan itu bagi keluarga PKH dan BST,” jelas Gubernur Rohidin.

Ditegaskan Gubernur Rohidin, hadirnya dirinya bersama FKPD di lokasi Gudang Bulog Bengkulu ini untuk memastikan Perum Bulog Wilayah Bengkulu telah siap menyalurkan beras CBP ini dengan tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu dan tepat sasaran.

“Kepada Perum Bulog agar dalam menyalurkan beras CBP ini kepada KPM PKH & KPM BST di titik bagi yang telah ditentukan nanti agar tetap mematuhi menggunakan protocol kesehatan. Saya kira pengalaman Perum Bulog dalam penyaluran Program Rastra dan BPNT atau Sembako selama ini akan memudahkan dalam penyaluran Beras CBP masa PPKM ini,” imbuhnya.

Selain itu lanjut Gubernur Rohidin, terkait dengan supporting bagi kegiatan ekonomi kemasyarakatan lainnya, dalam waktu dekat Pemprov Bengkulu bersama unsur FKPD juga akan lakukan koordinasi lebih lanjut.

“Tentu di luar itu kita juga mempunyai kebijakan melibatkan perusahaan dan juga BAZNAS, mulai besok pagi akan mendistribusikan bantuan-bantuan sosial, disamping supporting untuk pengembangan UMKM seperti pemanfaatan kredit ultra mikro dan lain sebagainya, juga tetap sebagaimana kebijakan Presiden RI nanti kita akan bersama-sama BPKP bagaimana melaksanakan program penanganan dampak pandemi Covid-19 secara baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Pemimpin Perum Bulog Kanwil Bengkulu Roy Rahmadi Prawira mengatakan, untuk seluruh wilayah Provinsi Bengkulu, pihaknya menyalurkan bantuan beras pemerintah selama sebulan kedepan sebanyak 1.200 ton bagi 122 ribu KPM.

“Kalau untuk stok kita cukup, cuma kita perlu melakukan proses untuk mengemas ulang dari 50 kg menjadi 10 Kg,” jelasnya. (mcprovbkl)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − three =