Jadi Kebutuhan Krusial Era Digital, Pemprov Bengkulu Segera Bangun Ruang Command Center

Published by FHD on

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu dan beberapa OPD teknis, segera akan membangun Ruang Command Center (CC).

Hal ini mengingat di era digital saat ini Ruang CC menjadi kebutuhan krusial pemerintah daerah, utamanya dalam hal optimalisasi mengambil keputusan kepala daerah, koordinasi, memonitor dan mengontrol kinerja OPD, titik-titik utama pelayanan publik yang diperlukan sebagai respon penyediaan informasi publik.

“Jadi command center memang menjadi kebutuhan penting di era digital saat ini. Sehingga ke depan Pemprov Bengkulu bisa merespon cepat pelayanan publik dan sinkron dengan kepentingan daerah,” jelas Gubernur Rohidin usai pimpin Ekspose Persiapan Pembangunan Ruang Command Center Provinsi Bengkulu, di Ruang Kerja Gubernur Bengkulu, Kamis (12/05).

Lanjut Gubernur Rohidin, untuk penempatan ruang CC ini akan dipusatkan di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu. Ini juga mempertimbangkan aspek ketersediaan ruang cukup representatif di Balai Raya.

“Maka kita pilih salah satu ruangan yang cukup representatif yaitu di Balai Raya Semarak Bengkulu, yang bergandengan langsung dengan ruang rapat dan tentu bagi kepentingan kepala daerah, apabila ada informasi penting termasuk dengan unsur FKPD saya bisa lakukan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, secara umum Command Center dapat diartikan sebagai suatu tempat atau lokasi untuk menyediakan perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan cepat dalam mendukung atau merespons kejadian penting.

Melihat pentingnya fungsi CC saat ini, banyak pemerintah daerah baik kota atau kabupaten bahkan pemda provinsi yang membangun Command Center untuk mendukung operasional pemerintahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bahkan Command Center juga dijadikan sebagai salah satu ikon implementasi Smart City di suatu daerah.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 + 20 =