Jelang PEDA KTNA XVI Bengkulu, Pemkab BS Diminta Optimalkan Persiapan

Published by kominfo news on

Bengkuluprov -Persiapan pelaksanaan Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Bengkulu Ke XVI Tahun 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Tahap penyiapan administrasi dan lahan oleh Pemkab Bengkulu Selatan serta penyiapan Surat Keputusan (SK) Gubernur Bengkulu oleh Pemda Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu telah dilakukan.

PEDA KTNA Ke-16 ini akan digelar pada 18 s/d 24 Juli 2018 mendatang, melibatkan dinas teknis di seluruh Kabupaten-Kota Se-Provinsi Bengkulu.

Kepala DTPHP Provinsi Bengkulu Ricki Gunarwan mengatakan, pada pelaksanaan PEDA KTNA kali ini, Pemkab Bengkulu Selatan sebagai tuan rumah diminta untuk fokus mempersiapkan hal tersebut. Baik kesiapan anggaran maupun lokasi acara.

“Kita meminta supaya Pemkab Bengkulu Selatan siap secara maksimal dan optimal untuk kegiatan ini,” ungkap Ricki Gunarwan usai memimpin Rapat Persiapan PEDA KTNA XVI Provinsi Bengkulu Tahun 2018, di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Gubernur Bengkulu, Kamis (08/03).

Selain itu lanjut Ricki Gunarwan, terkait dasar hukum PEDA KTNA XVI Provinsi Bengkulu 2018 Pemkab Bengkulu Selatan diminta mempersiapkan hal tersebut dengan berkoordinasi dengan DTPHP Provinsi Bengkulu yang secara khusus ditangai Sekretariat PEDA KTNA. Selain SK Gubernur sebagai daras hukum, kesiapan susunan kepanitiaan juga diminta dirampungkan untuk menentukan tugas dari masing-masing pihak yang terlibat.

“Sebelum kegiatan PEDA ini kita jelas memerlukan dasar hukum berupa SK Gubernur. Dilain pihak SK yng didalamnya terdapat daftar panitia pelaksana, jadi supaya jelas siapa yang bertanggung jawab terhadap apa,” imbuhnya.

Kepala DTPHP Kabupaten Bengkulu Selatan Sukarni Dunip menjelaskan, dalam pelaksanaan PEDA KTNA anggaran yang disiapkan Pemkab Bengkulu Selatan sebesar 1,7 Milyar Rupiah. Terkait kesiapan lainnya seperti lokasi acara dan lahan pertanian sebagai wadah Inovasi Agro Expo saat ini tengah berjalan.

“Walaupun dengan anggaran 1,7 itu kita akan seoptimal mungkin, dan tentunya ada dukungan dana dari Pemda Provinsi. Terkait kesiapan lainnya, rencananya akan digelar rapat besar bersama Pak Bupati, serta berkoordinasi dengan OPD lain di kabupaten yang nantinya akan mensupport acara ini,” papar Sukarni Dunip.

Selain itu dalam pelaksanaan PEDA KTNA kali ini DTPHP Bengkulu Selatan berencana melaunching VISI dibidang pertanian dan peternakan, yaitu inovasi pemanfaatan pertanian dan peternakan terpadu yang selama ini justru menjadi permasalahan di masyarakat.

“Inovasi ini untuk meningkatkan pengetahuan petani bahwa didalam dunia pertanian itu tidak ada yang musuhan. Sebenarnya antara ternak dan tananam itu saling membutuhkan satu sama lain. Kotoran ternak bisa menjadi pupuk tanaman dan bagian tanaman bisa menjadi pakan yang baik bagi ternak,” pungkasnya.

Sementara itu, pelaksanaan PEDA KTNA XVI 2018 Provinsi Bengkulu menurut DTPHP Bengkulu Selatan akan dipusatkan di GOR Manna. Sementara kegiatan lainnya akan dipusatkan di Lapangan Terbuka Bengkulu Selatan dengan berbagai acara inovasi Pertanian dan Kemaritiman. (Rian-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu).


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 2 =