Kompak Perangi Pandemi Covid-19, Gubernur Rohidin Tinjau Pintu Masuk Perbatasan

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Kapolda dan Danrem 041/ Gamas Bengkulu tinjauh langsung perbatasan Bengkulu – Sumatera Selatan melalui Kabupaten Rejang Lebong-Lubuk Linggau dan Kepahiang-Empat Lawang,” jelas Gubernur Rohidin, 27/03.
Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa daerah telah menjalankan instruksi Gubernur Bengkulu untuk memperketat pintu masuk sudah berjalan sesuai prosedur dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 masuk Bengkulu.
“Hari ini kami pastikan betul kondisi perbatasan sudah sesuai prosedur, khususnya wilayah perbatasan Bengkulu – Sumatera Selatan ini,” terang Gubernur Rohidin.
Tidak hanya dua wilayah ini, Gubernur Rohidin memastikan akan melakukan peninjauan yang sama ke daerah perbatasan lainnya seperti Kaur-Lampung, Bengkulu Selatan-Pagar Alam dan Mukomuko- Padang.
“Sebelumnya sudah berkali-kali saya tegaskan pentingnya memperketat penjagaan pintu masuk, bukan hanya darat tapi juga udara dan laut,” tegas mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.
Selain peninjauan, Gubernur Rohidin sebelumnya juga menggelar rapat terbatas (Ratas) bersama Pemda Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang beserta jajaran FKPD Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong.
Dia meminta pemda untuk fokus melakukan penanggulangan serta pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau yang lebih dikenal Virus Corona di wilayah masing-masing. Ini mengingat bahwa Rejang Lebong dan Kepahiang posisi wilayahnya berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan.
Dalam ratas ini dipertegas bahwasanya FKPD berkomitmen untuk menjaga dan mengedukasi masyarakat agar dapat terhindar dari wabah corona lewat upaya preventif di jalur transportasi darat, laut dan udara. 
Gubernur Rohidin menegaskan sampai saat ini Bengkulu masih berada di dalam zona hijau, terlepas dari itu dirinya menegaskan kewaspadaan dan upaya preventif akan terus digencarkan. Gubernur Rohidin menyampaikan bahwa pihaknya tidak bisa bekerja sendiri dan perlu sinergi bersama FKPD. 
“Kita ingin memastikan tindakan dan upaya serius di 9 Kabupaten/1 Kota dalam pencegahan dan penanggulangan Wabah Covid-19, Alhamdulillah Bengkulu masih berada pada zona hijau, meski di satu sisi kita bersyukur perlu tertanam komitmen, usaha, ikhtiar yang betul-betul dan sungguh-sungguh dalam menyikapi wabah ini. Di peta BNPB hanya Bengkulu yang masih zona hijau di kawasan Sumatera,” terang Gubernur Rohidin.
Sebagaimana kita tahu bahwa Covid-19 ini sudah ditetapkan sebagai bencana sosial nasional, siaga darurat nasional, statusnya sama dari Pusat hingga ke Desa/Kecamatan. Dampaknya sekolah diliburkan, aktivitas ekonomi terhenti, maka dari itu harus mendapatkan tindakan serius dari kita semua. [Riyan]

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =