Koordinasi Kebutuhan Daerah, Sekda Vidcon bersama Mendagri

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri yang diwakili Asisten II Setda Provinsi Yuliswani mengikuti Video Conference (Vicon) bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, Menteri KKP, Menteri BUMN, Menteri Ketenagakerjaan,  Kepala BKPM, Ketua Apindo, Ketua Kadin dan Bupati/Walikota se-Indonesia. 
Vicon ini dalam rangka koordinasi kebutuhan daerah bidang perindustrian, perdagangan dan pangan dalam pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 atau virus Corona secara bersama. 
Secara bergantian para menteri terkait menjelaskan upaya yang telah dilakukan dalam rangka memerangi wabah Covid-19 termasuk langkah penanggulangan dampaknya. 
Mendagri Tito Karnavian berpesan bahwa daerah diharapkan juga mengambil peran dalam menjaga daerah masing-masing termasuk mencukupi ketersediaan sarana prasarana kesehatan, memperkuat kapasitas sistem kesehatan serta  mengantisipasi terjadinya lonjakan penyebaran wabah Covid-19.
“Daerah diharapkan mengambil peran menjaga daerah masing-masing sekaligus mencukupi kebutuhan sarana dan prasana sekaligus membendung penyebaran dan melakukan kesiapan kebutuhan pangan,” tutur Tito.
Tito meminta kepala daerah tidak membuat kebijakan yang menghambat industri terutama yang memproduksi alat perlindungan diri dan sembako. Industri diharapkan tetap berproduksi dengan mengikuti protokol kesehatan.  
Begitu juga untuk jalur distribusi, kata Tito jangan sampai terhambat karena akses jalan ditutup sehingga akan menimbulkan kelangkaan alat kesehatan, sembako, BBM dan lainnya.  
Pemerintah provinsi Bengkulu telah melakukan berbagai upaya dalam menghadapi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan ini. Mulai dari memperketat pintu masuk di perbatasan, melakukan penyemprotan disinfektan, serta memproduksi dan membagaikan masker gratis melalui Balai Latihan Kerja Disnakertrans Provinsi Bengkulu.  
Selain itu, pemprov juga telah menyiapkan paket sembako gratis bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19. [Fredy & Gema]


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + sixteen =