Kukuhkan Pengurus Keluarga Beso Lembak Bengkulu, Rohidin Harap Jadi Mitra dalam Pembangunan

Published by APS on

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Kamis (1/4) pagi, mengukuhkan pengurus Keluarga Beso Lembak Bengkulu (KBLB), di Gedung Daerah Bengkulu.

Pengurus Keluarga Beso Lembak Bengkulu ini dikukuhkan berdasarkan SK Nomor 001/KEP-KBLB/2020 dengan terpilih sebagai Ketua KBLB periode 2020-2023 yaitu Wamatansori.

Tampak hadir dalam acara Pengukuhan tersebut para pembina KBLB, Ketua BMA Provinsi Bengkulu, tokoh masyarakat, tokoh agama serta Forkopimda Provinsi Bengkulu.

Dalam amanatnya, Gubernur Rohidin menyampaikan apresiasi atas terbentuknya pengurus KBLB bagi warga Lembak Bengkulu dan berharap KBLB menjadi garda terdepan untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan budaya Bengkulu.

“Tentu kita harapkan menjadi mitra yang tak terpisahkan bagi pemerintah untuk menjalankan berbagai program pembangunan terutama pembangunan nilai-nilai budaya dan kemasyarakatan,” tutur Gubernur Rohidin Mersyah.

Di samping itu, sebagai bentuk kepedulian akan budaya Bengkulu, Gubernur Rohidin telah melakukan pertemuan khusus dengan Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu untuk memfungsikan rumah adat di samping Gedung Daerah Bengkulu dijadikan sekretariat BMA Provinsi Bengkulu.

Dengan begitu, melalui BMA dirinya berharap perkumpulan yang berbasis kesukuan yang melambangkan adat masyarakat Bengkulu dapat dikumpulkan.

“Lebih konkretnya, saya minta rumah adat Bengkulu dapat menjadi tempat representasi, cerminan budaya adat masyarakat Provinsi Bengkulu dan bukan mencerminkan kabupaten/kota,” tegasnya.

Karena dirinya menilai jika rumah adat itu dibentuk mencerminkan kabupaten/kota maka seakan memaksakan bentuk budayanya.

Di sisi lain, pembina Keluarga Beso Lembak Bengkulu MS Effendi mengatakan, terbentuknya KBLB ini membuat sejarah baru dalam rangka membantu pemerintah untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Dengan banyaknya warga suku Lembak yang tersebar di wilayah Provinsi Bengkulu bahkan di luar provinsi maupun di negara lain. Maka hal itu, sebutnya, dapat dimanfaatkan dalam hal kebaikan seperti mendukung program Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu.

“Dapat ikut berpartisipasi melaksanakan visi dan misi besar Gubernur dan Wakil gubernur untuk menuju Bengkulu maju, sejahtera dan hebat,” ujarnya.

Dengan Pengukuhan ini, Ketua BMA Provinsi Bengkulu ini berharap dapat menjadi sesuatu kekuatan yang bisa digunakan untuk memajukan pembangunan di Provinsi Bengkulu.

“Jika kita bersatu, Insyaallah dapat memajukan Provisi Bengkulu,” pungkasnya.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 2 =