Malam ke 5 Festival Tabut, 10 Kabupaten/Kota Persembahkan Tari Tradisi

Published by TD on

Kominfonews (26/9). Rangkaian Festival Tabut 2017 memasuki hari kelima, pada kesempatan ini, masing-masing kabupaten/kota diberi kesempaptan persembahkan tari tradisi di panggung utama Festival Tabut, (25/9).

Setiap kabupaten/kota menampilkan seni tari sesuai dengan khas daerah masing-masing. Penampilan yang terdiri dari 10 perwakilan kabupaten/kota ini masing-masing menunjukkan kepiawaiannya dalam meramu koreografi.

Seperti Kabupaten Bengkulu Tengah menampilkan tari yang menggambarkan proses menanam padi di sawah hingga proses panen.

“Proses bercocok tanam padi ditampilkan untuk mengingatkan arti penting padi bagi kehidupan manusia,” ujar pembawa acara membacakan sinopsis tari “Padi” yang dibawakan kelompok tari dari Bengkulu Tengah tersebut.

Selain itu, Kabupaten Bengkulu Utara sebagai juara favorit menampilkan tari yang menggambarkan Perempuan Dalam Kurung, kelompok tari ini menceritakan tentang kehidupan masa lalu dalam sebuah desa terpencil, hidup lima perempuan yang diculik oleh penjajah kemudian mereka dimasukkan dalam kurungan besi yang sempit, hingga mereka semua mati.

Sebagai bentuk apresiasi panitia terhadap 10 penampilan tersebut, pihak panitia sepakat membagi penghargaan dalam beberapa kategori. Seperti Penyaji Terbaik berhasil diraih Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, dan Mukomuko. Untuk Penampil Terbaik diraih Kabupaten Kepahiang, Seluma, Kota Bengkulu. Pada kategori Penata Terbaik diraih diraih Kabupaten Kaur, Rejang Lebong, Lebong. Sedangkan sebagai Penampil Terfavorit berhasil diraih Kabupaten Bengkulu Utara. (Dimas-Media Center Pemprov Bengkulu)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − three =