Masih Berbentuk Hamparan, Masjid di Kabupaten Benteng ini Dapat Bantuan Dana Hibah

Published by Isan Haicing on

Salah satu masjid di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yaitu Masjid Al -Ikhlas mendapatkan kucuran dana hibah bantuan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu, saat Safari Ramadan 1445 H tim Pemerintah Provinsi Bengkulu, Kamis (28/3).

Adapun Masjid Al-Ikhlas yang berlokasi di Desa Talang Tengah I, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Benteng tersebut diketahui masih berupa tanah hamparan dan baru pondasi saja yang ada.

Diceritakan Kepala Desa Talang Tengah I, Suardi, sebelumnya warga desa telah memiliki masjid, namun kondisi tanah yang sempit dan kurang nyaman dalam melaksanakan ibadah, sehingga warga desa berinisiatif untuk membangun masjid baru.

Tanah masjid yang baru dibangun tersebut, ungkap Suardi, berasal dari hibah kantor desa setempat.

“Lebih kurang 2,5 tahun kami berupaya membangun masjid baru tersebut dengan dana swadaya masyarakat serta dengan tenaga gotong royong. Saat ini baru bisa membangun pondasinya saja,” ungkap Suardi, saat menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Untuk itu, lanjutnya, dengan hadirnya pemerintah Provinsi Bengkulu melalui tim Safari Ramadan yang memberikan bantuan untuk pembangunan masjid, diharapkan dapat meneruskan pembangunan masjid baru yang diidamkan warga Desa Talang Tengah I tersebut.

“Dengan adanya bantuan dari pemerintah provinsi dan juga pemerintah Kabupaten Benteng ini semoga dapat menyelesaikan pembangunan masjid yang kami cita-citakan ini,” ujarnya dengan terbata.

Pada penghujung Safari Ramadan 1445 Hijriah, pemerintah Provinsi Bengkulu kembali menyalurkan bantuan masjid, kali ini Masjid Al-Ikhlas Desa Talang Tengah I, Kabupaten Benteng mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 20 juta.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mewakili Gubernur Bengkulu.

Selain itu juga, tim Safari Ramadan dari pemerintah Provinsi Bengkulu yang terdiri dari Baznas Provinsi, Bank Bengkulu serta Kanwil Kemenag Provinsi menyerahkan bebagai bantuan sosial lainnya.

Dalam sambutanya, Kadis DP3AKB Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mengatakan, Safari Ramadan merupakan program pemerintah Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan tiap tahun. Ini, sebagai salah satu bentuk sinergi pemerintah provinsi dan kabupaten dengan tujuan kemakmuran rumah ibadah.

“Safari ramadan ini selain sebagai bentuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat juga untuk menjaga ukhuwah islamiyah,” sebut Eri Yulian, saat menyerahkan bantuan.

Eri berharap, dengan bantuan dana hibah tersebut dapat menjadi stimulan bagi warga Desa Talang Tengah I untuk mewujudkan masjid yang diidamkan.

Selain menyalurkan bantuan, kegiatan Safari Ramadan di Kabupaten Benteng ini juga sekaligus melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an yang ceramah agama diisi oleh Ketua MUI Provinsi Bengkulu Prof Rohimin usai melaksanakan Sholat Isya dan Tarawih di Masjid Al -Ikhlas.

Berikut rincian bantuan Safari Ramadan 1445 H Pemerintah Provinsi Bengkulu di Kabupaten Bengkulu Tengah:

  1. Bantuan dana hibah untuk pembangunan Masjid Al-Ikhlas dari Pemerintah Provinsi Bengkulu sebesar Rp 20 juta.
  2. Bank Bengkulu menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 3 gulung ambal masjid.
  3. Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi Bengkulu menyerahkan bantuan untuk kaum dhuafa berupa uang tunai dengan total Rp 6.250.000 untuk 25 orang.
  4. Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 20 juta. Rinciannya Rp 10 juta untuk operasional majelis taklim Masjid Al-Ikhlas dan Rp 10 juta untuk operasional organisasi masyarakat dan kelembagaan Islam, disertai paket Al-Qur’an.

Selain itu, ada pula 25 paket bingkisan dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah. [Saipul, Etri- Zakia- Refky]

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *