Masuk Nominasi Atractiveness Award, Rohidin Paparkan Potensialnya Pulau Baai

Published by kominfo news on

Jakarta-Provinsi Bengkulu masuk nominasi Indonesia’n Attractiveness Index 2018, kategori potensial dalam infrastruktur. Pelakasana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam presentasinya di kantor Tempo memaparkan, Bengkulu miliki potensi yang mampu memberikan dampak signifikan untuk daerah.

Adalah Pelabuhan Pulau Baai, pelabuhan yang berada di Kota Bengkulu tersebut diyakini bakal menjadi daya ungkit ekonomi. Dengan konsep terintegrasi Kawasan Ekonomi Khusus serta infrastruktur strategis, melalui Pulau Baai diyakini Bengkulu menjadi jalur andalan kawasan tengah Pulau Sumatera, sekaligus menjadi sentral pengolahan komoditas wilayah Bengkulu dan sekitarnya.

“Strategi yang kita tawarkan adalah pengembangan Pelabuhan Pulau Baai. Jalur Selat Malaka semakin crowded, Bengkulu yang berada di hadapan Samudera Indonesia bisa menjadi alternatif. Ini pun akan terhubung dengan jalur tol laut, tol trans Sumatera juga rel kereta api serta kawasan ekonomi khusus,” jelas Rohidin usai pemaparan di Jakarta, Kamis (19/7).

Dirinya menjelaskan, infrastruktur dan konektivitas masih menjadi prioritas provinsi yang terdiri dari 9 kabupaten dan 1 kota itu. Selain pembangunan akses jalan sentra produksi, konektivitas antar daerah, dan akses dengan provinsi tetangga, Bengkulu terus meyakinkan potensi investasi yang menjanjikan.

“Pulau Baai ini bisa mengangkat martabat sekaligus kesejahteraan masyarakat. Provinsi tetangga juga akan membutuhkan jalur ini. Begitupun dengan investor, Pulau Baai adalah akses keluar masuk logistik yang potensial dan dekat dengan jalur pelayaran,” ucap Rohidin meyakinkan.

Pengembangan Pelabuhan Pulau Baai dengan mendorong menjadi kawasa ekonomi khusus, menurut Rohidin juga akan mendorong hilirisasi industri komoditas unggulan Bengkulu. Dengan begitu, jika akses konektivitas dan hilirisasi terwujud maka produktivitas masyarakat akan meningkat.

Untuk diketahui, Indonesian Attractiveness Index merupakan penghargaan kepada daerah yang memiliki daya tarik sektor Investasi, Infrastruktur, Layanan Publik dan Parisiwata. Tahun ini merupakan ke-4 kalinya diselenggarakan oleh Tempo Media Group bersama Frontier Counsulting Group. Provinsi Bengkulu pada 2016 silam, pernah mendapatkan Indonesian Attractiveness Award sebagai provinsi terbaik kategori investasi. (Jamal-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =