Menteri Sosial Canangkan Kampung Siaga Bencana

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Menteri Sosial RI Idrus Marham mencanangkan Kampung Siaga Bencana, kegiatan ini dilangsungkan di Lapangan Tugu Merdeka Bengkulu Jumat (11/5). Kampung siaga bencana sendiri di seluruh Indonesia berjumlah 567 Kampung Siaga bencana, sedangkan untuk Provinsi Bengkulu bejumlah 25 Kampung Siaga Bencana.

Pencanangan ini dimulai dengan pemukulan kentongan oleh Menteri Sosial RI Idrus Marham didampingi Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah serta unsur terkait, selain itu juga dilakukan simulasi tanggap bencana oleh Tagana Provinsi Bengkulu.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan bahwa Bengkulu ini termasuk zona yang rawan bencana, bencana sendiri tidak mungkin untuk ditiadakan. Tetapi tambah Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang bisa dilakukan adalah melakukan pemberdayaan masyarakat agar betul – betul siap siaga menghadapi bencana.

“Melalui kerjasama dengan Kapolda melalui CSR beberapa perusahaan telah dilakukan membangun shelter di berbagai tempat, dalam rangka pengamanan agar betul – betul zero incident terhadap berbagai bencana yang ada di Provinsi Bengkulu ini,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Terkait penanganan korban bencana Menteri Sosial Idrus Marham menjelaskan bahwa seluruh rakyat yang menjadi korban dari bencana alam apapun harus menjadi tanggung jawab negara.

“Representasi dari negara itu adalah pemerintah, seluruh bencana pasti kita bantu tidak ada satupun bencana di negeri ini yang kita tidak bantu,” tegas Menteri Sosial Idrus Marham.

Mensos juga menambahkan pada tahap bencana dan ada korban yang pertama yang akan ditangani adalah jangan sampai para korban ini tidak memperoleh makanan, tempat berlindung, semua harus akan dipenuhi. Selain itu pada tahap pemulihan pihaknya akan berkerja sama dengan semua elemen termasuk Pemerintah Daerah. (Morecka – Media Center Humas Pemprov Bengkulu)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 4 =