Momen HKN 2022, Provinsi Bengkulu Raih Universal Health Coverage

Published by APS on

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menghadiri malam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 di Auditorium Poltekes Kemenkes, Rabu (16/11).

“Pada momen ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengucapkan terima kasih, penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para tenaga kesehatan yang telah berjuang di masa pandemi COVID-19,” ujar Rohidin.

Lebih lanjut, Provinsi Bengkulu juga telah ditetapkan sebagai daerah yang mencapai cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC), diikuti beberapa kabupaten lainnya seperti Rejang Lebong, Kepahiang, dan Kota Bengkulu.

“Dengan ditetapkannya UHC, maka diharapkan keluhan terkait kesehatan masyarakat terhadap pelayanan secara berjenjang mulai dari puskesmas sebagai fasilitas terdepan hingga rumah sakit sebagai rujukan utama. Walaupun rumah sakitnya sudah profesional namun perlu dukungan bersama dari BPJS Kesehatan,” terang Gubernur.

Dan terakhir, apresiasi atas dukungan Kementerian Kesehatan RI, kerjasama jejaring pengampuan layanan prioritas, dan merupakan program pemerataan akses dan peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih optimal.

“Kita harapkan dengan MoU pengampuan layanan prioritas ini, pelayanan kesehatan untuk masyarakat mendapatkan penanganan yang lebih optimal. Di samping itu, juga melahirkan SDM yang berkualitas di bidang kesehatan pada masa mendatang,” tutup Gubernur Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyampaikan momen HKN 2022 demi mewujudkan transformasi di bidang rujukan telah ditetapkannya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Yunus sebagai salah satu rumah sakit pengampu jejaring layanan prioritas utama.

“Alhamdulillah RSUD dr. M. Yunus ditetapkan sebagai rumah sakit pengampu, yang prioritas utamanya yaitu jantung, kanker, ginjal, paru, dan penyakit menular lainnya,” terang Herwan.

Kemudian, Bengkulu juga meraih prestasi pada momen HKN 2022 ini yaitu juara 2 tingkat nasional pada kategori tenaga kesehatan lingkungan dari kabupaten Lebong.

Pada acara ini, juga dilakukan MoU antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan Direktur Rumah Sakit Pengampu Nasional Layanan Kesehatan di antaranya RSUP Fatmawati, RS Pusat Otak Nasional, RS Kanker Dharmais, RSUPN Cipto Mangunkusumo, RSUP Persahabatan, RS Penyakit Infeksi Sulianti Suroso, RSUP M. Jamil Padang, dan RSUP M. Husein Palembang. Sekaligus dilakukan pemberian penghargaan di bidang kesehatan kepada kabupaten/kota, rumah sakit, dan tenaga kesehatan.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =