Momentum HUT ke-50, Pemrov Bengkulu Launching GISA

Published by kominfo news on

 

Bengkuluprov – Momentum HUT Emas ke-50, Pemerintah Provinsi Bengkulu Launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukkan (GISA), acara ini digelar di halaman Kantor Gubernur Bengkulu, Minggu (18/11/2018).

Launching GISA ini, dihadiri Direktur Pendaftaran Penduduk Direktorat Jenderal Kependudukkan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri David Yama.

Dalam sambutannya, David Yama mengatakan, GISA merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ketertiban administarsi kependudukan.

Dimana, sebutnya, ada empat program dalam GISA, pertama gerakan penduduk sadar akan pentingnya dokumen kependudukkan.

“Dimana seorang penduduk yang baru lahir dipastikan harus memiliki Nomor Induk Kependudukkn (NIK), Akte Kelahiraan, Kartu Keluarga, Kartu Indetitas Anak dan memiliki kartu BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Kemudian kedua, sebutnya, sadar akan pentingnya pemutakhiran data kependudukkan. Ketiga, sadar pentingnya pemanfaatan data kependudukkan serta yang terakhir, sadar akan pentingnya Apartur Sipil Negara (ASN) untuk membahagiakan penduduknya.

“Dalam hal ini, Apatur Sipil Negara diharapkan untuk lebih efesien, efektif  dan hasilnya lebih tepat guna, kemudian mengeluarlan inovasi-inovasi, menyederhanakan birokrasi untuk membahagiakan penduduknya,” sebut David.

Dengan empat program tersebut, diharapkan semua unsur masyarakat dapat memanfaatkan data kependudukannya.

Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, launching GISA ini harus disambut dengan semangat, sikap positif dan proaktif. Karena, menurutnya, ketertiban administrasi kependudukan menjadi dasar utama agar berbagai pelaksanaan pembangunan dapat tepat sasaran dan tercapai dengan baik sesuai dengan target yang diinginkan.

“Terkait dengan launching GISA ini, kami harapkan dukungan agar pelaksanaan secara operasional itu ada di kabupaten dan kota. Maka sistem informasi kependudukan hingga catatan sipil di kabupaten/kota dapat dioperasionalkan dengan baik, kelengkapan sarana dan prasara pendukung mesti dan harus dipenuhi dengan lengkap dan disiapkan tenaga yang professional untuk menangani itu,” tutur Rohidin Mersyah, dihadapan tamu undangan.

Disamping itu, jelasnya, harus dibangun betul- betul budaya melayani, karena masyarakat sangat nmemerlukan dan setiap hari berurusan dengan hal administrasi kependudukan ini.

“Kalaulah dengan sektor ini kita benahi pelayanan secara menyeluruh dengan dibangunnya sisten pelayanan secara Web seperti saat ini, maka diharapkan kedepannya keluhan masyarakat atas lama dan sulitnya pelayanan administrasi kependudukan dapat benar-benar dihilangkan seminimal mungkin,” tutupnya.

Launching Gisa ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara yang dilakukan oleh Direktur Pendaftaran Penduduk, David Yama serta Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama dengan unsur Forkompinda Provinsi Bengkulu. (Media Center Humas Pemprov Bengkulu)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + 8 =