Mudah! Putus Penyebaran COVID-19 di Bengkulu hanya dengan ‘Prilaku Jujur’

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Terbuka dan jujur akan kondisi kesehatan dan riwayat perjalanan setiap orang menjadi salah satu kunci untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Desease (COVI-19).

Hal tersebut disampaikan Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDM Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu drg. Edriwan Mansyur, usai mendampingi Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu Jaduliwan yang juga merupakan Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu pada Konferensi Pers di Dinkes Provinsi Bengkulu, Kamis (16/04).

“Kebetulah yang susah dideteksi ini adalah OTG. Kalau demam dan sakit jelas mereka pasti ketakutan dan mengaku, tapi kalau yang tanpa gejala ini memang gejala klinis tidak ada, padahal mereka telah mempunyai riwayat,” jelasnya.

Lanjut Edriwan, memang terkadang masyarakat belum banar-benar menyampaikan secara jujur kepada tim petugas di bandara, pelabuhan maupun di berbatasan daerah, terkait pernah atau tidaknya kontak dengan pasien terkonfirmasi positif COVI-19. Sehingga adanya status sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala), justru menjadi salah penyebab berkembangnya virus tersebut di suatu daerah.

“Jangan takut, fasilitas pelayanan kesehatan kita, baik di Puskesmas, Dinas Kesehatan maupun Rumah Sakit akan tetap memberikan pelayanan, asal dijelaskan kronologisnya seperti apa. Kasihan keluarga di rumah dengan disembunyikan status kita yang sebenarnya, intiya jujur saja kepada petugas,” pungkasnya.

Update terkini perkembangan kasus covid-19 di Provinsi Bengkulu per 16 April 2020 pukul 17.00 Wib, Total ODP 558 orang, ODP selesai pemantauan 406 orang, ODP menjadi Konfirmasi 1 orang, ODP meninggal 1 orang, ODP masih dalam pemantauan 145 orang dan ODP yang bertambah hari ini 4 orang.

Sementara total PDP masih 17 orang, Sampel yang diperiksa di laboratorium sebanyak 45 sampel, dengan rincian 4 sampel positif, 33 sampel negatif dan 8 sampel masih dalam proses pemeriksaan.

Rapid test yang dilakukan kepada 1.118 orang dengan rincian 1.114 unreaktif dan 4 dinyatakan reaktif dan 2 rektif merupakan hasil rapid test pada hari ini. [Rian]

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 10 =