Pakar Ekonomi: Tol Bengkulu- Lubuk Linggau akan Majukan UMKM

Published by APS on

Progres pekerjaan tol ini disambut baik oleh Pakar Ekonomi Universitas Bengkulu (Unib) Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D yang juga merupakan Wakil Rektor Unib Bidang Akademik. Menurut Lizar, tol ini sudah lama dinanti karena keberadaannya akan berdampak positif pada berbagai sektor, terutama sektor ekonomi.

“Akan muncul kawasan baru di sekitar pintu masuk dan keluar tol. Para pengembang akan membuat perumahan yang dekat dengan akses jalan tol. Aktivitas bisnis UMKM di sekitar jalan tol juga akan meningkat, tentu ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM,” kata Lizar.

Di sisi lain kata dia, biaya logistik akan jauh lebih rendah, sehingga arus barang dan jasa dari Sumatera Selatan ke pelabuhan Pulau Baai dan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu akan lebih tinggi.

“Para pelaku ekonomi di Sumsel akan menjadikan Pulai Baai sebagai salah satu pelabuhan eksport produk mereka. Sebaliknya, produk pertanian Bengkulu pun akan mencapai pasar Sumsel, Jambi, dan Lampung dengan lebih cepat dan tentunya lebih murah,” tambahnya.

Lizar yakin dengan akses transportasi yang lebih mudah tersebut, dampak positif lainnya juga mendorong perkembangan pariwisata di Bengkulu yang terkenal dengan keindahan pantainya. Akan lebih banyak pelancong yang datang terutama dari daerah tetangga.

“Untuk jangka panjang akan mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Bengkulu, sebut saja dari daerah tetangga kita Sumsel dan Jambi. Sementara untuk jangka pendek, pembangunan jalan tol ini dapat menyerap tenaga kerja lokal dan akan menahan laju pertumbuhan negatif Bengkulu selama periode pandemi Covid-19,” pungkas Lizar.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =