Peduli Dhu’afa, Pemprov dan Baznas Bengkulu Beri Bantuan

Published by APS on

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bengkulu bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu “Peduli Dhu’afa”. Hal ini dalam rangka memperingati HUT Provinsi Bengkulu ke-54 Tahun 2022 dan Hari Pahlawan Nasional.

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan, Peduli Dhuafa merupakan rangkaian kegiatan Festival Umat Islam dalam rangka HUT ke 54 Provinsi Bengkulu tahun 2022. Di samping itu kegiatan ini juga turut memberdayakan pelaku UMKM yang sudah mendapatkan pembinaan dari Baznas Provinsi Bengkulu.

“Hari ini kita Peduli Dhuafa yang merupakan kegiatan awal dari Festival Umat Islam. Selain itu, nanti ada juga kegiatan fashion show islami, pameran kelembagaan pendidikan islam di Masjid Raya dan pada puncaknya tabligh akbar yang menghadirkan Ustad Das’ad Latif pada tanggal 18, ba’da Jumat di masjid Raya Baitul Izzah,” ujar Rohidin usai membuka acara bertajuk Peduli Dhuafa di Halaman Kantor Baznas Provinsi Bengkulu, Minggu (6/11).

Lebih lanjut, terkait pemberdayaan UMKM Baznas memiliki program ini, dan beberapa saat lalu Baznas juga memberikan bantuan modal dan gerobak untuk berjualan kepada masyarakat yang ingin berdagang.

“Hari ini kita ingin melihat sejauh mana program tersebut berjalan. Seluruh UMKM yang mendapatkan bantuan Baznas diajak berjualan menjajakan dagangannya hari ini. Dan makanannya semuanya dibeli oleh Baznas, kemudian dibagikan secara GRATIS untuk masyarakat. Hal ini untuk memacu semangat stimulan pedagang, dan melihat sejauh mana produk dagangnya diterima masyarakat,” terang Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Adapun kegiatan lain untuk kesehatan masyarakat yaitu “Unit Pelayanan Kesehatan Semesta”. Di mana nanti seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu tanpa terkecuali akan dilayani program BPJS Kesehatan.

“Pemprov telah menganggarkan 32 Miliar, untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Jadi seluruh masyarakat dapat menikmati program ini, tinggal lapor dengan membawa data diri dan akan dibuatkan kartu kemudian mendapatkan pelayanan kesehatan,” tegas Gubernur.

Ketua Baznas Provinsi Bengkulu Fajrul Hamidi menyampaikan Baznas bersama Dinas Sosial telah menyalurkan Bantuan Sosial sebanyak 1190 KK terhitung mulai bulan Oktober hingga September 2022 ini dan juga membina 70 UMKM dengan memberikan bantuan modal dan fasilitas gerobak.

“Hari ini jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak 614 paket sembako untuk dhu’afa, 155 beasiswa, dan 5 gerobak usaha. Selain itu BAZNAS juga mengundang pelaku UMKM binaan BAZNAS untuk hadir berjualan di halaman kantor dan seluruh makanan disediakan secara gratis, dan hadir juga pejuang Veteran sebanyak 43 orang,” terangnya.

Kegiatan ini juga didukung oleh Bank Bengkulu, BTN Syariah, BSI KC Bengkulu Panorama, BPJS Ketenagakerjaan, dan Komunitas BEPERS Indonesia yang mendukung penuh sebagai donatur.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 5 =