Pemprov Bengkulu Berhasil Raih Penghargaan sebagai Provinsi Sangat Inovatif Ajang IGA Tahun 2020

Published by APS on

Optimalisasi pelayanan pemerintah provinsi Bengkulu mendapatkan penghargaan sebagai provinsi Sangat Inovatif pada ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020. Hal ini lantaran, pemprov berhasil mengembangkan inovasi dalam bentuk pelayanan pada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, capaian atas penghargaan yang diraih ini, merupakan kerja keras yang telah dilaksanakan jajaran pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, yang senantiasa melakukan berbagai inovasi meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Prestasi ini merupakan hal untuk memotivasi dan optimalisasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kita bisa memangkas panjangnya rantai birokrasi, keuangan dan lainnya. Jadi ini merupakan hal yang sangat berharga sekali, karena apa yang kita lakukan itu mendapat pengakuan dari Kementerian Dalam Negeri,” ungkap Sekda Hamka Sabri usai menerima penghargaan IGA Tahun 2020, di Hotel Sultan Jakarta, Jum’at (18/12).

Diketahui, sejak Juli hingga Agustus 2020, terdapat 19 OPD yang mengirimkan Inovasinya ke Kemendagri, seperti inovasi Aplikasi E-Statistik Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu dan inovasi Aplikasi Berijo Dinas Koperasi UKM Provinsi Bengkulu.

Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2018 tentang Inovasi Daerah serta berdasarkan Permendagri Nomor 104 Tahun 2018 tentang Penilaian Pemberian dan Penghargaan atau Insentif Inovasi Daerah telah mengamanatkan kepada Kemendagri untuk melakukan pengukuran indeks inovasi daerah.

Penyerahan Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2020 merupakan salah satu cara dalam melaksanakan pengukuran indeks tersebut.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori mengatakan, pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah dengan predikat sangat inovatif dilakukan berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah Tahun 2020. Untuk itu, Hudori memberikan beberapa poin penting terkait pelaksanaan acara tersebut.

Diantaranya lanjut Hudori, IGA dapat dijadikan barometer sekaligus motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus menumbuhkembangkan inovasi daerah di segala sektor atau urusan pemerintahan konkuren, dengan mengakomodir berbagai inovasi yang juga dibina oleh kementerian sektor dan lembaga secara sinergis dalam sebuah sistem yang saling menguatkan.

“Semoga pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah dengan predikat sangat inovatif berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah Tahun 2020 ini bermanfaat dan semakin memotivasi daerah untuk dapat lebih baik lagi. Kami mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang terpilih sebagai Pemerintah Daerah dengan predikat sangat inovatif berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah Tahun 2020, dan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah partisipasi termasuk yang belum dapat berpartisipasi,” tutur Hudori.

Selain Provinsi Bengkulu, terdapat 7 provinsi lain yang juga meraih penghargaan sebagai provinsi sangat inovatif, yaitu Provinsi Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 12 =