Pemprov Bengkulu Gelontorkan Dana Hibah Pembangunan Gedung Makorem 041/Gamas Bengkulu

Published by APS on

Gedung Markas Komando Resort Militer 041 Garuda Emas (Makorem 041/Gamas) Bengkulu bakal dibangun gedung baru.

Pembangunan Gedung Makorem yang baru tersebut bersumber dari dana hibah Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun 2021.

Menurut Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto mewakili Gubernur Bengkulu, dana hibah yang akan digelontorkan untuk pembangunan gedung baru Makorem 041/Gamas Bengkulu tersebut sebesar Rp 6 miliar lebih.

Dalam pembangunan tersebut, kata Gotri, Pemprov hanya sebatas memberikan dana saja, sedangkan pembangunan fisiknya diserahkan kepada pihak Korem 041/ Gamas Bengkulu sebagai penerima hibah.

“Karena hibah ini bentuknya uang bukan fisik, maka Pembangunan ya dari awal hingga akhir diserahkan kepada penerima hibah (Korem 041/Gamas Bengkulu). Kita itu kan terkait dengan aturan yang diatur Permendagri, kita hanya sebatas tahapan pencairan hibah saja. Kalau fisik mulai dari perencanaan, pengawasan dan pembangunan fisiknya dari penerima hibah,” sebut Gotri Suyanto, usai mengikuti Rapat Rencana Pembangunan Kantor Makorem 041/Gamas Bengkulu, di Ruang Aula Sudirman Makorem 041/Gamas Bengkulu, Jumat (15/1).

Dilain sisi, mewakili Danrem 041/Gamas Bengkulu, Kepala Seksi Perencanaan Korem 041/Gamas Bengkulu Kolonel Czi. Harry Praptomo menjelaskan, pembangunan Gedung Makorem yang baru tersebut dilakukan mengingat usia gedung yang sudah lama.

Gedung Makorem yang baru itu nanti, ungkapnya, akan dibangun di lokasi yang sama dengan bentuk disesuaikan dengan gaya futuristik serta penambahan fasilitas baru.

“Nanti Insya Allah Pemprov Bengkulu akan menghibahkan dana sebesar kurang lebih Rp 6 miliar. Karena gedung sekarang ini usianya sudah lama serta sehubungan adanya kenaikan tipe Korem menjadi tipe A,” jelas Kasi Ren Kolonel Czi Harry Praptomo.

Pembangunan gedung Makorem baru ini nanti, jelasnya, direncanakan dimulai pada bulan Februari hingga Juli mendatang.

“Kita berharap pembangunan itu pada awal Februari ini sudah kita mulai, namun tergantung proses hibah nya dari Pemprov Bengkulu masuk ke kita, apakah nanti melalui tender atau Penunjukan Langsung (PL) karena gedung Makorem ini sifatnya memiliki spesifikasi khusus dalam pembangunannya,” jelas TNI dengan satu bunga melati dipundaknya ini.

Rapat ini dipimpin Kasrem 041/Gamas Bengkulu dan diikuti juga para pejabat Korem 041/Gamas Bengkulu, BPKAD Provinsi serta Biro Pemerintah dan Kesra Provinsi Bengkulu, UKPBJ provinsi dan juga kontraktor pelaksana.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =