Pemprov Bengkulu Siap Dukung UMKM Eksport ke Australia

Published by APS on

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani bersama kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rabu pagi (30/9) mengikuti webinar Indonesia – Australia Business Forum.

Webinar yang dimotori Ditjen Otda Kemendagri ini membahas peluang eksport import khususnya produk hasil UMKM dan Bumdes ke negara Kangguru.

Sebelumnya antara Indonesia dan Australia telah menandatangani perjanjian kemitraan ekonomi konprehensif (IA-CEPA). Perjanjian tersebut mencakup kesepakatan perdagangan bebas Indonesia dan Australia dengan menghapuskan bea masuk hampir semua produk yang diperdagangkan antara kedua negara.

Melalui kesempatan ini, para pemateri diantaranya Minister Counsellor Ekonomi KJRI di Melbourne dan Indonesian Trade Promotion Centre Sydney memberikan informasi, strategi dan persyaratan yang harus dipenuhi pelaku usaha dalam melakukan ekport ke Australia dan import dari Australia.

Selain itu, pertemuan daring ini juga untuk mendengar aspirasi para pelaku usaha di daerah sehingga sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Banyak produk dari indonesia yang dibutuhkan di Australia. Namun untuk masuk harus sesuai standar yang memang cukup tinggi. Dalam forum ini semua dibahas agar produk dari UMKM dapat terserap pasar khususnya Australia,” tutur Yulis usai mengikuti webinar.

Peluang dan informasi ini lanjutnya akan disampaikan kepada para pelaku UMKM dan Bumdes di provinsi Bengkulu melalui dinas terkait. Pemerintah Provinsi Bengkulu siap mendampingi dan menjadi penghubung jika ada produk UMKM yang berpeluang untuk di eksport ke Australia.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 17 =