Pemprov Bengkulu Siap Sukseskan Pilkada Serentak di Tengah Pandemi Covid-19

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu siap sukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Hal tersebut disampaikan Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, usai mengikuti Rakor Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Bersama Menteri Dalam Negeri, KPU dan Bawaslu se-Indonesia (Virtual Meeting), di Ruang VIP Pola Provinsi Bengkulu, Jum’at (05/06).
Lanjut Sekda Hamka Sabri Rakor Persiapan ini juga sebagai tindak lanjut Perpu Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tentang Pemilihan Gubenur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-undang.
“Untuk Provinsi Bengkulu kita tidak ada masalah, kita tidak melakukan refocusing dan realokasi anggaran terhadap yang ada di APBD untuk Pilkada serentak 2020, jadi kita tinggal jalankan saja” jelas Hamka Sabri.
Terkait kesiapan anggaran untuk pelaksanaan tahapan Pilkada dikatakan Hamka Pemprov Bengkulu telah mentransfer anggaran sebesar 40 persen sesuai dengan arahan pemerintah pusat.
“Jadi KPU dan Bawaslu setelah melakukan inventarisir anggaran kegiatan, baru kita bisa melakukan pengurangan atau penambahan anggaran, karena ada beberapa agenda kegiatan yang dihilangkan seperti kampanye akbar dan juga ada penambahan alat seperti APD ditengah pandemi Covid-19,” pungkas Hamka Sabri.
Sementara itu, Menteri Dalam Negeri  Tito Karnavian via Virtual Meeting meminta setiap Pemprov dan Kabupaten/Kota bisa  melaksanakan setiap tahapan pilkada sebaik mungkin ditengah Covid-19 ini.
“Tantangan kita adalah bagaimana melaksanakan pemilu ini berlangsung lancar, tanpa ada konflik fisik dan lainnya. Dan tentunya tetap melaksanakan protokol kesehatan saat pelaksanaan berbagai tahapan pilkada,” tegas Mendagri Tito Karnavian. (Rian)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 4 =