Pemprov Bersama Green Indonesia Tanam 1 Juta Pohon Karet Merah

Published by TD on

Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Perkumpulan Indonesia Hijau (Green Indonesia) melakukan penanaman Satu Juta Pohon Karet Merah yang dilaksanakan di Simpang Kandis Kota Bengkulu, Rabu (10/1).

Kegiatan penanaman satu juta pohon karet merah bertujuan untuk melestarikan lingkungan agar dapat berdampak positif di berbagai sektor.

Di kesempatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, Agus Priambudi meminta agar kegiatan seperti ini dapat menjadi budaya masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Bengkulu.

Keunikan dari kegiatan ini adalah pohon yang ditanam adalah  jenis pohon Karet Merah, jenis ini sangat bermanfaat, terdapat 15 manfaat dari jenis karet merah ini, diantaranya adalah memberikan oksigen yang banyak.

Sehingga upaya penanaman pohon karet merah ini mampu mendukung kualitas lingkungan hidup, oksigen yang baik bagi Bengkulu.

“Hal  ini adalah suatu upaya yang bukan hanya kepentingan lingkungan, tapi juga adalah untuk melestarikan jenis Karet Merah,” jelas Kadis LHK Prov. Bengkulu Agus Priambudi.

Agus Priambudi sendiri menambahkan, Dinas LHK telah meminta kepala UPT Pembibitan untuk mengembangkan serta membudidayakan jenis karet merah dengan berkerjasama dengan perkumpuan Green Indonesia.

Sebab jenis ini adalah suatu jenis yang sangat baik selain diakui dalam ilmu pengetahuan juga secara tradisional yang sudah secara turun temurun memiliki manfaat.

“Tahun ini adalah tahun emas untuk mendukung visit 2020 Wonderful Bengkulu yang harus didukung dengan lingkungan hidup yang sehat, bagi masyarakat dan wisatawan baik nasional maupun internasional,” ungkap Agus Priambudi.

Yang paling penting lanjut Agus Priambudi, adalah pembangunan Bengkulu seperti pembangunan pelabuhan Pulau Baai maupum koridor ekonomi khusus.

Hal tersebut merupakan suatu pengembangan yang sangat baik tetapi juga ditekankan tidak menabrak kawasan-kawasan lindung, tetapi harus mendukung dan searah antara pembangunan ekonomi juga pembangunan lingkungan hidup masyarakat yang sehat itu sendiri.

Ketua Green Indonesia Suharman juga menjelaskan bahwa lokasi penanaman pohon karet merah ini sendiri adalah seluruh Provinsi Bengkulu terutama di Kabupaten–Kabupaten di aliran sungai, di pegunungan mapun di pinggirian pantai.

Pola penanaman bibit pohon ini sendiri dengan melalui kelompok tani yang sudah bergabung dengan komunitas Green Indonesia. Ditargetkan 1 Juta Pohon dapat ditanam di tahun 2018 ini di seluruh Provinsi Bengkulu.

“Dari target 1 juta pohon sampai saat ini telah tertanam 150 Ribu bibit pohon karet merah, ditargetkan tahun 2018 ini harus selesai,” jelas Ketua Green Indonesia Suharman.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Dinas LHK Provinsi Bengkulu, perwakilan Danlanal Bengkulu, perwakilan Polda Bengkulu, Polisi Hutan, Perwakilan Pertamina serta komunitas Green Indonesia. (Morecka – Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 8 =