Peningkatan PAD Harus Dilakukan Secara Bijak

Published by kominfo news on

Bengkulu – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti minta dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi daerah harus dilakukan secara bijak.

Hal ini disampaikan pada Kegiatan Rakor Terpadu Bidang Pendapatan yang digelar di Aula Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Bengkulu, Selasa (17/7).

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti menjelaskan, dalam rencana peningkatan PAD harus juga dipikirkan secara matang, jangan sampai untuk meningkatkan pendapatan daerah mengakibatkan investasi menjadi menurun atau bahkan membuat investor lari.

“Kita berharap pendapatan asli daerah meningkat, investasi pun tetap harus meningkat, karena salah satu sumber pendapatan asli daerah, pajak dan retribusi daerah adalah dari dunia usaha ini yang paling potensial,” jelas Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti.

Sekdaprov Nopian Andusti juga menambahkan beberapa kendala yang dihadapi adalah meningkatkan tarif dan mengembalikan sumber PAD, tetapi di sisi lain hal tersebut akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, akan berdampak kepada investasi akan berdampak kepada penyerapan tenaga kerja.

Nopian Andusti juga menyoroti akibat regulasi yang belum diatur banyak aset yang yang tidak termanfaatkan dengan baik seperti Gedung Balai Buntar, Taman Budaya serta Mess Pemda. Padahal setiap minggu gedung biasa dipakai untuk acara pernikahan.

“Disatu sisi gedung kita banyak tapi terbengkalai, ini sumber PAD yang luar biasa jika kita manfaatkan,” terang Nopian Andusti.

Tampak hadir dalam Rakor Terpadu Bidang Pendapatan ini Kepala BPKAD Heru Susanto, Direktur Utama Bank Bengkulu Agusalim, OPD Provinsi Bengkulu, kepala BUMD serta tamu undangan lainnya. (Morecka – Media Center Humas Pemprov Bengkulu)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − four =