Peringatan Hari Ibu Ke-91 Momentum Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Segala Aspek Kehidupan

Published by kominfo news on


Bengkuluprov – Perempuan Berdaya, Indonesia Maju menjadi tema Hari Perempuan Ke-91 Tahun 2019, semangat ini yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakukan diskriminatif, dan lain-lain. 
Kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi, pelibatan semua unsur masyarakat dan multi stakeholder, termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye/ gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan, dan pencapaian kesetaraan gender. He for She menjadi salah satu komitmen global yang harus digelorakan sampai akar rumput.
Disambut gemuruh tabuhan musik Dhol, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin hadir pada Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 tingkat Provinsi Bengkulu, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemprov Bengkulu, (19/12).
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, peringatan Hari Ibu merupakan momentum untuk meningkatkan peran perempuan dalam segala aspek kehidupan namun tidak lupa kodratnya sebagai salah satu penentu keberhasilan dan harmonisnya sebuah keluarga, disamping Ibu/ Perempuan sebagai tiang negara. 
“Di Provinsi Bengkulu, keberadaan dan kontribusi perempuan terbukti telah mampu mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Gubernur Rohidin.
Dengan semangat Peringatan Hari Ibu Ke-91, Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin berharap para Ibu/ Perempuan di Provinsi Bengkulu bisa mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. 
“Pada akhirnya keberadaan ibu/ perempuan memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai agen penggerak (agent of change),” kata Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin saat membacakan sambutan Menteri pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu mendapatkan surprise ucapan Selamat Ulang Tahun yang Ke-48 dari jajaran TP PKK Se-Provinsi Bengkulu serta dari beberapa organisasi wanita.
Untuk diketahui, Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia diawali dengan  Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. 
Tema sentral pembahasan Kongres Perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan dini, poligami dan pendidikan perempuan. Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, PHI ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional. (MC diskominfotikprovbkl)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 10 =