Peringatan Hari Nusantara dan Harkanas Suguhkan Pameran Hasil Laut

Published by kominfo news on

Bengkulu – Memperingati Hari Nusantara yang ke-17 dan Hari Ikan Nasional  (Harkanas) yang ke-4 tahun 2017, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu bersama dengan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu menggelar Upacara Bendera, di pelabuhan Pusat Pelelangan Ikan (PPI), Pulau Baai Bengkulu, Rabu (13/12).

Selain upacara bendera, peringatan Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember dan  Harkanas pada tanggal 21 Novemeber ini, juga di warnai dengan berbagai kegiatan dan pameran produk hasil laut serta  kegiatan lain yang berhubungan dengan sektor perikanan.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Bengkulu, Kepala DKP Provinsi, Pimpinan Bank Bengkulu, Kepala OJK Bengkulu serta pengusaha Ikan, para nelayan dan pembudidaya ikan se-Provinsi Bengkulu.

Peringatan Hari Nusantara dan Harkanas kali ini mengangkat tema “Gotong Royong Dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Asisten II Ari Narsa  yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, menyampaikan sambutan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin  Mersyah,  dimana, pentingnya poros maritim sebagai kekuatan besasr bangsa Indonesia yang perlu didukung tekad dan ilmu pengetahuan yang maju.

“Dengan adanya ilmu dan tekhnologi maka kita dapat mengeksplorasi kekuatan kelautan tersebut,” kata Ari Narsa, membacakan sambutan Plt Gubernur Bengkulu.

Disampaikannya lebih lanjut, peringatan Hari Nusantara ini merupakan awal dari kemajuan kemaritiman yang menggambarkan kesatuan rakyat Indonesia yang bertekad memajukan bangsa dari arah darat dan laut.

Disamping itu, sebut Ari narsa  lagi, memperingati Hari Ikan Nasional  merupakan salah satu wujud gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) dalam rangka terus mendorong peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat.

“Melalui inovasi menu masakan hasil laut, diharapkan tumbuh berbagai inovasi tekhnik pengolahan hasil laut yang enak dan gampang, sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi hasil laut,” sebut Ari Narsa.

Sementara itu, usai melaksanakan upacara, Asisiten II Ari Narsa  bersama  para undangan berkesempatan untuk mengunjungi stand pameran produk hasil laut dari stakeholder terkait dengan perikanan.

Dalam kesempatan itu juga, diserahkan berbagai bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada koperasi nelayan berupa sarana dan prasarana terkait perikanan, seperti kapal untuk nelayan, bibit ikan, mangrove, mesin motor tempel, serta alat pendukung perikanan lainnya.

Bantuan tersbeut diserahkan langsung oleh staff ahli KKP RI  bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya Laksamana Madya Eko Jalmoas Madi dan Asisiten II Ari Narsa serta Plt Kepala DKP Provinsi Bengkulu Ivan Syamsurizal. (Saipul-Media Center, Humas Pemrov Bengkulu)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =