Pilkada Serentak di Bengkulu Siap Digelar, Mendagri Yakin Pesta Demokrasi Aman Covid-19

Published by TD on

Bengkuluprov – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan daerah-daerah di Bengkulu siap melaksanakan tahapan dan penyelenggaraan Pilkada 2020. Hibah Pemprov Bengkulu untuk penyelenggara pemilu, juga telah rampung ditransfer.

“Untuk daerah yang belum mencapai 100 persen akan segera mencairkan, karena dananya sudah tersedia,” ucap Rohidin saat sambutan dalam Rapat Koordinasi kesiapan Pilkada Serentak tahun 2020 di Bengkulu, Kamis (06/08)

Pada rakor yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian saat itu, Rohidin juga mengungkapkan, berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pesta demokrasi tahun-tahun sebelumnya, di Bengkulu berjalan lancar dan kondusif. Bahkan, menurut data Badan Pusat Statistik yang dirilis 3 Agustus 2020, Indek Demokrasi Indonesia untuk Provinsi Bengkulu 2019 mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2018.

“Kita mengapresiasi KPU Provinsi Bengkulu, pada tahun 2019 memperoleh penghargaan nasional, salah satunya sebagai penyelenggara pemilihan yang berintegritas,” tuturnya.

Sementara, Mendagri Tito menjabarkan, penyelenggaraan Pemilu di beberapa negara juga sempat mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19. Sedangkan di Indonesia, Pilkada Serentak untuk 270 daerah yang sedianya akan dilakukan pemungutan suara pada 23 September sempat ditunda, kemudian disepakati pelaksanaannya pada 9 Desember 2020.

“Pilkada 9 Desember ini bukan hanya lancar dan aman dari konflik, tapi harus aman dari Covid-19. Kalau konflik, bisa ditangani dan diambil tindakan hukum,” terang Tito.

Menurut mantan Kapolri ini, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi tentu memiliki konsekuensi. Selain penambahan dana untuk berbagai pos anggaran, tahapan Pilkada harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Jangan sampai jadi klaster baru,” demikian tegas menteri kelahiran Palembang berusia 55 tahun ini. (MC Pemprov Bengkulu)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 5 =