Pleno Terbuka KPU Provinsi Bengkulu Berlangsung Kondusif

Published by kominfo news on

Bengkuluprov-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara, Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi Bengkulu dan berlangsung dengan aman, lancar, serta kondusif.
Pada kesempatan ini, Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, menegaskan KPU sudah bekerja secara profesional sesuai mekanisme, hal tersebut patut kita apresiasi. Semoga dalam Pleno tingkat Provinsi hari ini berjalan lancar. 
“KPU telah menjalankan proses pemilu serentak 2019 sesuai mekanisme, Pleno hari ini mudah-mudahan berjalan lancar hingga akhir,” ujar Hamka saat di Ballroom Santika Hotel, (8/5). 
Beberapa waktu lalu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan, TNI dan Polri serta ASN di Bengkulu bersikap netral dan komitmen menjaga sikap tersebut. Termasuk penyelenggara, diri percaya bahwa KPU dan Bawaslu akan bekerja profesional. 
“Tahapannya bisa diawasi, kalaupun ada kekeliruan, ada mekanisme mengkoreksinya. Saya jamin penyelenggara akan profesional dan integritas,” tegas Rohidin pada (19/4)
Sementara itu, Irwan Saputra, Ketua KPU Provinsi Bengkulu menjelaskan Pleno ini diselenggarakan secara terbuka untuk umum, dan akan membacakan seluruh hasil rekapitulasi penghitungan suara hasil Pleno tingkat Kabupaten/kota. 
“Pleno KPU tingkat Provinsi ini dilakukan secara terbuka untuk umum, KPU telah menyediakan layar besar didepan untuk masyarakat yang ingin melihat langsung proses pleno ini berlangsung,” ujar Irwan
Irwan menambahkan saat proses rekapitulasi hasil pemilu berlangsung, pada Kabupaten Rejang Lebong terdapat beberapa kekeliruan, namun hal tersebut sudah terklarifikasi dan tidak merubah hasil. 
“Ada yang keliru pada data pemilih, sebab pada tingkat PPS, PPK, hingga Kabupaten/kota proses penghitungan terfokus pada perolehan suara sehingga data statistik jumlah pemilih terlewatkan. Pada tahap ini KPU kembali koreksi dan sinkronkan hasil rekapan, namun jika ada koreksi tidak mempengaruhi hasil suara,” tutup Ketua KPU Provinsi Bengkulu 
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi Bengkulu, dihadiri oleh Unsur OPD dan FKPD Provinsi Bengkulu. (Media Center, Pemprov Bengkulu)

Categories: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =