Plt Gubernur Bengkulu: Calon Hakim Harus Miliki Integritas dan Kualitas

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membukaan Pelatihan Dasar CPNS Mahkamah Agung RI Tahun 2018, Senin (26/2) bertempat di Aula LPMP Bengkulu. Dalam kesempatan ini Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan bahwa untuk mewjudkan peradilan agung yakni peradilan yang berkeadilan seorang calon hakim harus berintegritas dan berkualitas dalam mengambil keputusan sehingga akan didapat keputusan yang seadil – adilnya.

“Pelatihan CPNS calon Hakim ini kan satu jabatan yang mulia yang sangat strategis karena dalam langkah kita mewujudkan peradilan agung di Indonesia, saya tekankan betul harus ada integritas dan harus ada kualitas dari calon hakim ini karena kualitas itu ditunjukan dengan kualitas kompetensi bidang, wawasan, skill, keilmuan,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga mengharapkan para calon Hakim ini dapat menjauhkan diri dari sifat zalim, menurut Plt. Gubernur orang tidak akan berbuat zalim jika integritasnya bagus dan kualitas keilmuannya bagus.

Bisa saja orang zalim walaupun integritasnya bagus namun karena kualitasnya tidak bagus, sehingga tidak mampu mengungkap sebuah kebenaran dalam proses peradilan, yang pada akhirnya dia mengambil keputusan yang salah.

“Saya berharap bapak – ibu sekalian akan melaksanakan fungsi dengan baik karena di situlah letak tingginya martabat manusia, kebanggaan keluarga, harga diri keluarga kita di situlah dipertaruhkan dan akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT di manapun kita bertugas,” harap Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Abdul Hamid Pulungan dikesempatan ini menjelaskan empat perilaku yang harus melekat kepada diri seorang hakim yakni berpelilaku jujur, berintegritas tinggi, berdisiplin tinggi serta arif dan bijaksana.

“Semoga adik – adik semua dapat melaksanakan diklat ini dengan sebaik – baiknya, saya berharap semua pendidikan dasar ini menjadi modal dalam meniti karir kedepan,” harap Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Abdul Hamid Pulungan.

Tampak hadir dalam agenda ini Kepada Sub Bidang Program dan Evaluasi Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan MA RI Asep Syafe’i, Plt. Kepala BPSDM Provinsi Bengkulu Fevri Herlina, Koordinator Widyaiswara BPSDM Provinsi Bengkulu Dani Hamdani, serta peserta Diklat angkatan 88 dan 89 yang berasal dari Provinsi Bengkulu dan Jambi. (Morecka – Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 1 =