Plt. Gubernur Bengkulu Paparkan Keunggulan Pelabuhan Pulau Baai

Published by kominfo news on

Kominfonews (22/11). Kedatangan rombongan Komite IV DPD RI pada agenda Fokus Grup Diskusi Komite IV DPD RI Tindak Lanjut Ikhtisar Hasil Pemeriksaan BPK RI Semester I, Selasa (21/11) di Ruang Pola Pemprov Bengkulu tidak di sia–siakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Dikesempatan ini Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu, diantaranya adalah Pelabuhan Pulau Baai. Pelabuhan Pulau Baai sendiri dari 13 cabang Pelindo II kinerja Pelindo Bengkulu terbaik di 2017.

“Bengkulu ini Provinsinya kecil tetapi kita punya satu infrastruktur besar di Bengkulu, kita punya Pelabuhan Pulau Baai, pelabuhan Pulau Baai ini punya lahan pendukung 1200 Hektar,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Rohidin  Mersyah juga mengungkapkan kinginannya agar Bengkulu masuk kedalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang akan dicanangkan oleh Bappenas yang hampir 60 Daerah.

“Saya berharap dukungan Komite IV DPD RI itu satu di Bengkulu, saya tidak bermaksud dikasihani tetapi ini sangat layak,” tegas Rohidin Mersyah.

Bengkulu sendiri tambah Rohidin Mersyah, ditetapkan oleh Kementan menjadi satu Karantina Nasional Ternak Indonesia. Penetapan KEK ini sangat potensial nantinya dengan berfungsinya Pelabuhan Pulau Baai, pengembangan industri kedepan akan sangat besar.

“Bengkulu itu bisa memacu pertumbuhan Sumatera dengan Pulau Baai itu jika dibangun KEK disini, dan ia bisa membantu pengendalian Inflasi Sumatera, karena bisa mengendalikan moda transportasi barang jasa utama,” tambah Rohidin Mersyah.

Terkait dengan apa yang disampaikan oleh Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Wakil Ketua Komisi IV DPD RI Siska Marleni mengungkapkan secara geografis sendiri Bengkulu sudah memungkinkan untuk bisa menjadi salah satu dari pada kegiatan program pemerintah Kawasan Ekonomi Khusus, seperti peternakan.

“Sangat layak, sangat memadai jika kami suarakan, kami akan sampaikan kepada pihak yang dalam hal ini yang membuat perencanaan pembangunan, yakni kementerian Bappenas untuk bisa mengakomodir ini,” jelas Wakil Ketua Komisi IV DPD RI Siska Marleni.

Secara statistik dan secara historis apa yang disampaikan oleh bapak Gubernur layak untuk mengangkat Bengkulu ini setara dengan Provinsi – Provinsi yang ada, tambah Siska Marleni.

Tampak hadir dalam agenda ini anggota Komisi IV DPD RI Ahmad Kanedi yang juga sebagai ketua rombongan, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bengkulu Yuan Candra Djaisin, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu Endang Kurnia Saputra, Kepala Perwakilan BPKP Bengkulu Bram Brahmana serta kepala OPD Pemprov Bengkulu. (Morecka–Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =