Plt. Gubernur Serahkan Bantuan Modal Kube RPK Mukomuko

Published by kominfo news on

 

Bengkuluprov – Masih dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Plt. Gubernur Rohidin Mersyah di Kabupaten Mukomuko, pada kesempatan ini Plt. Gubernur Rohidin Mersyah menyerahkan bantuan modal kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Rumah Pangan Kita (RPK), Rabu (30/5).

Kegiatan merupakan sinergi antara Dinas Sosial Provinsi Bengkulu bersama BUMN dan BUMD, diantaranya adalah Perum Bulog, Bank Bengkulu, Bank BRI serta OJK.

Tujuannya sendiri adalah untuk mengurangi kemiskinan di desa – desa, disamping juga meningkatkan kemandirian serta kesejahteraan masyarakat yang ada di Provinsi Bengkulu dengan bantuan modal usaha melalui program Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan bantuan kepada 5  Kube yakni Kube Seruni (Desa Resno), Kube Sumber Berkah (Desa Lalang Luas), Kube Bina Sejahtera (Lubuk Cabau), Kube Citra Lestari (Talang Petai) dan Kube Srikandi (Pondok Tengah).

Bantuan ini sendiri berupa 1 Ton Beras, 1 Ton Gula, 680 Liter Minyak Goreng, disamping peralatan usaha seperti timbangan dan karkulator.

Plt. Gubernur Rohidin Mersyah dalam arahannya menjelaskan bahwa program ini merupakan program yang benar – benar dapat dijalankan dan dikerjakan oleh masyarakat khususnya ibu – ibu. Sebab tambah Plt. Gubernur, apa yang akan di perdagangkan itu ada dan barang yang dijual itu adalah kebutuhan pokok masyarakat.

“Jadi tidak ada lagi alasan program ini tidak berjalan,” jelas Plt. Gubernur Rohidin Mersyah dihadapan masyarakat Kecamatan Lima Koto Kab. Mukomuko.

Plt. Gubernur juga juga mengharapkan Kube dapat mandiri dan menjadi RPK yang akan melayani masyarakat atau paling tidak di kelompok masing – masing.

“Mudah2an ini dapat berkembang menjadi RPK dan dapat di contoh oleh semua kabupaten di Provinsi Bengkulu,” minta Plt. Gubernur Rohidin Mersyah.

Sejalan dengan Plt. Gubernur, Bupati Mukomuko Choirul Huda menyambut baik kehadiran Plt. Gubernur beserta jajaran yang hadir untuk menemui masyarakat Mukomuko.

Pada kesempatan ini Choirul Huda mengingatkan masyarakat agar selalu bersyukur untuk semua bantuan yang diberikan dan tidak melihat dari besar kecilnya bantuan tersebut.

“Bantuan apapun itu kita syukuri, kita laksanakan maksimal itu berkah, apalagi di Bulan Puasa,” terang Choirul Huda.

Kepala Dinas Sosial Iskandar ZO menjelaskan bahwa setelah KUBE terbentuk dan diorganisir, selanjutnya akan menjadi mitra binaan dari Perum BULOG.

Iskandar ZO juga menambahkan  Kube RPK ini juga diberikan usaha didalam pengelolaan keuangan yaitu melalui program OJK yaitu program Laku Pandai.

“Ibu – ibu Kube RPK ini disamping menjadi pengusaha RPK juga akan diberikan kepercayaan oleh BRI untuk menjalankan program Laku Pandai melalui BRI Link,” terang Iskandar ZO

Iskandar pun mengharapkan adanya dukungan dari Bupati Mukomuko khususnya melalui Dinas Sosial Kab. Mukomuko.

“Mudah – mudaha pak Bupati melalui Dinas Sosial dapat menambah dan memperluas Kube – Kube RPK lainnya,” harap Iskandar.

Pada kegiatan ini juga dilakukan bazar murah kebutuhan pokok seperti daging dan minyak goreng. Tampak hadir dalam agenda ini Waka III DPRD Provinsi Bengkulu Elfi Hamidi, Kepala Bullog Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Sosial Kab. Mukomuko serta tamu kehormatan lainnya. (Morecka Media Center Humas Pemprov Bengkulu)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =