Rapat Paripurna HUT ke-54, Gubernur Rohidin Paparkan Program Prioritas dan Prestasi Pemprov Bengkulu

Published by APS on

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT ke-54 Bengkulu tahun 2022, Jumat (18/11).

Putra Bungsu Sang Proklamator Ir. Soekarno yaitu Guruh Soekarno Putra turut hadir pada momentum istimewa HUT ke 54 Bengkulu tahun ini.

Pada rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Bengkulu kali ini, Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan beberapa upaya Pemerintah Provinsi ke depan. Di antaranya terus mendorong kelanjutan pembangunan jalan Tol Bengkulu – Lubuk Linggau. Sehingga menjadikan Bengkulu sebagai daerah strategis baru dan berfungsi untuk mendukung konektivitas barang menuju kawasan industri Pulau Baai serta berdampak pada peningkatan wisatawan dan perekonomian.

“Saat ini jalur tol seksi I sudah rampung, sepangang 17,6 KM dan dalam waktu dekat akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Kita berharap kelanjutan pembangunan untuk seksi II dan III dapat segera terlaksana sehingga Bengkulu menjadi daerah strategis baru,” ujar Gubernur Bengkulu ke 10.

Selain itu, pembangunan infrastruktur kawasan Enggano berupa jalan sepanjang 32,80 KM dan 7 Jembatan dengan total anggaran sebesar 182,5 miliar. Begitupun untuk penataan kawasan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) dimulai tahun ini berupa pembebasan lahan melalui APBD sebesar 21 miliar.

“Enggano memiliki pesona pariwisata yang sangat eksotis. Untuk itu perlu didukung dengan hadirnya infrastruktur yang bagus dan sekarang progres pembangunannya sedang digenjot. Kemudian, untuk DDTS tahun ini dimulai tahapannya. Nantinya akan dibangun berupa jalan flyover dan jogging track termasuk parkir di taman wisata yang akan dibiayai dari dana APBN,” jelas Gubernur.

Terakhir, pembukaan konektivitas Provinsi Bengkulu dengan Provinsi tetangga di antaranya Padang Capo Seluma – Empat Lawang Sumsel hampir rampung, berkat kerjasama dengan TNI AD melalui program karya bhakti. Selanjutnya, ruas Muara Sahung Kaur hingga OKU Selatan sudah tuntas tinggal menyambung dari Provinsi Sumatera Selatan.

“Terbangunnya konektivitas sangat penting bagi daerah yang sedang berkembang, sehingga memudahkan masyarakat mengangkut hasil bumi dengan keterbukaan akses ini. Untuk itu, kita terus mengupayakan jalur penghubung Mukomuko – Kerinci dan Lebong – Merangin dapat segera terwujud,” pungkas Gubernur.

Kemudian, beberapa pencapaian prestasi selama tahun 2022. Di antaranya Kartu Bengkulu Sejahtera yang merupakan program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur. Pembebasan pokok tunggakan, denda PKB dan pembebasan pokok BBN kendaraan bermotor, pengadaan alat mesin pertanian, peningkatan dan penyeragaman honor khotib dan bilal serta pimpinan rumah ibadah lainnya.

Selanjutnya, memberikan tambahan penghasilan pegawai ASN, penyediaan akses hutan kemasyarakatan dan hutan adat untuk para petani dan pekebun, membangun kebebasan pers, perlindungan hukum dan peningkatan kompetensi wartawan, menjaga nilai-nilai budaya sejarah Bengkulu dan pengembangan industri kreatif, dan terakhir pembangunan stadion mini di 5 kabupaten yang saat ini dalam proses pembangunan.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 5 =