SANS, Upaya Pencegahan Dini Peredaran Narkoba  

Published by kominfo news on

Bengkuluprov  – Bahaya Narkoba yang semakin mengancam khususnya terhadap generasi muda, sangatlah perlu diantisipasi dan diwaspadai secara dini.

Terlebih lagi, Narkoba sudah merambah ke sekolah-sekolah dan menyasar para pelajar.

Untuk itulah, guna mengantispasi dan mendekteksi secara dini bahaya Narkoba dilingkungan sekolah, dibentuklah Satgas Anti Narkoba Sekolah (SANS), yang diinisiasi oleh Kapolda Bengkulu pada tahun lalu.

“Organisasi kita ini lebih spesifik ke sekolah-sekolah, karena peredaran Narkoba saat ini sudah merambah ke tingkat sekolah dasar,” sebut Ketua Umum SANS Provinsi Bengkulu Dedi haryadi, saat acara Hari Jadi SANS yang ke – 1, Jumat (25/5/2018).

Saat ini, lanjut Dedi, sudah terbentuk kepengurusan SANS di seluruh kabupaten dan Kota Bengkulu, dengan lebih fokus pada kegiatan sosialisasi dan mendeteksi dini peredaran Narkoba ke sekolah-sekolah.

“Kita bukan hanya pada barang Narkoba saja, namun juga mendeteksi zat adiktif lainnya, seperti Aibon maupun komix. Kita ingin Satgas Sekolah ini lebih peduli dan menarik temannya dari zona hitam,” pungkasnya.

Selain itu, pihaknya menargetkan SANS ini dapat terbentuk hingga ke tingkat Sekolah Dasar (SD) pada tahun ini.

Acara yang dipusatkan di Rumah Dinas Wakil Gubernur Bengkulu ini, dihadiri oleh Asisiten I Setda Provinsi Bengkulu, unsur Forkompinda Provinsi serta pengurus SANS se- Kabupaten dan kota Bengkulu.

Sementara itu, Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, Narkoba tersebut dapat menghancurkan negara ini jika tidak diantisipasi dari mulai tingkat paling bawah.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu sangat mengapresiasi adanya Satgas anti Narkorba di sekolah-sekolah ini dan akan memberikan dukungan penuh, agar Satgas ini dapat menjadi benteng generasi muda terhadap bahaya Narkoba.

“Gubernur Bengkulu akan memberikan support dan mendukung sepenuhnya. Semoga organisasi ini dapat dikembangkan sampai tingkat kecamatan, sehingga dari akarnya dapat kita cegah secara dini bahaya Narkoba tersebut,” tegas Hamka Sabri, menyampaikan amanat Gubernur Bengkulu.

“Musuh besar generasi muda kita saat ini  adalah Narkoba, tatkala Narkoba itu dapat kita berantas maka generasi kita ke depannya akan baik. Kalau generasi mudanya baik, maka bangsa ini tentu akan menjadi baik,” tambahnya. (Saipul-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − two =