Satu Juni, Momentum Perkuat Nilai-nilai Pancasila

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto menjadi Inspektur upacara dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018, yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Bengkulu, Jumat (1/6).

Membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018, Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila yang selalu diperangati pada tanggal 1 Juni, harus dapat dimanfaatkan sebagai momen untuk mengingat, memacu dan mengaktualisasi nilai – nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia pada founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” jelas Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto.

Kemajemukan masyarakat, serta perkembangan teknologi dengan munculnya beragam berita hoax menjadi tantangan dimana sering kali menimbulkan permasalahan intoleransi hingga perpecahan dikalangan masyarakat.

“Mau – tidak mau kita harus kembali kepada Pancasila agar nilai – nilai luhur Pancasila itu tidak tergerus oleh perkembangan teknologi yang cukup pesat, dimana berita – berita yang belum tentu benar berkembang terus di era digital seperti ini,” tegas Gotri Suyanto.

Presiden RI Joko Widodo sendiri telah membentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dimana tugas BPIP selain utuk membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

“Sekarang bagaimana di daerah itu menerapkan apa yang kira – kira dapat dibuat oleh pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota dalam rangka untuk melestarikan nilai – nilai yang terkandung dalam 5 Sila Pancasila, itu yang perlu kita programkan kedepan,” jelas Gotri Suyanto menanggapi pentingnya pembinaan Ideologi Pancasila.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan piala lomba Cerdas Cermat 4 Pilar tingkat SLTA se – Provinsi Bengkulu tahun 2018, dengan juara 1 diraih tim SMA 2 Kabupaten Bengkulu Selatan. Piala lomaba ini diserahkan secara langsung oleh Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto serta Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani didampingi Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bengkulu Farid Abdullah. (Morecka – Media Center Humas Pemprov Bengkulu)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 3 =