Tiga Event Unggulan Jadi Trigger Wonderful Bengkulu 2020

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Tiga event favorit Bengkulu yang masuk TOP 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia akan jadi trigger Wonderful Bengkulu 2020.
Ketiga event ini adalah Festival Bumi Rafflesia (18-22 Juli), Festival Tabut (19-29 Agustus), dan Festival Pesisir Pantai Panjang Bengkulu (16-19 November).
“3 event favorit dan kebanggaan masyarakat Bengkulu ini akan jadi pemantik dari Visit 2020 Wonderful Bengkulu,” jelas Gubernur Rohidin, 24/02.
Tahun kunjungan (visit 2020) yang dicanangkan sejak awal pemerintahan ini, jelas Rohidin, akan menjadi awalan atau pintu masuk untuk memperkenalkan Bengkulu sebagai daerah yang memiliki potensi besar sebagai destinasi sejarah, seni budaya dan alam.
“Kita punya bunga terbesar di Dunia, Rafflesia Arnoldii. Kemudian sejarah seni budaya. Serta pantai yang memiliki panjang hingga 7 KM. Semua dikurasi dalam bentuk event,” kata mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.
Menurut lulusan terbaik UGM ini, event hanya sebagai media promosi untuk memperkenalkan Bengkulu lebih masif dan terstruktur agar dunia luar mengetahui bahwa di pesisir barat Pulau Sumatera ada daerah yang tak kalah menarik dengan daerah lain.
Untuk itu, tambah Rohidin, masyarakat Bengkulu sudah memiliki spirit dan semangat yang sama sehingga permulaan ini menjadi sejarah di tahun-tahun berikutnya Bengkulu menjadi destinasi favorit nasional bahkan dunia.
“Persoalan aksesibelitas Bengkulu pelan-pelan sudah berbenah sebagai syarat dari 3A komponen pariwisata. Bandara, Jalan Tol dan Pelabuhan akan jadi gerbang masuk terbesar kunjungan nantinya,” kata bapak 3 anak ini.
Sementara harapan masyarakat yang bergerak di dunia Usaha Kecil Menengah (UKM) Fauzi Ladesang, Wonderful Bengkulu 2020 dapat menjadi isu bersama untuk menyambut Bengkulu sebagai daerah tujuan wisatawan.
“Apabila wisata sebuah daerah berkembang maju maka UKM-UKM itu akan tumbuh subur dan ekonomi masyarakat otomatis membaik,” jelas Fauzi yang juga merupakan satu-satunya asesor yang bersertifikat dalam bidang pengelolaan pasca panen kopi.
Pemilik merek Ikola Koffie ini optimis Wonderful Bengkulu 2020 sukses karena sudah dicanangkan sejak 4 tahun lalu.
“Jangan muluk kita berpikir seakan 2020 ini akan terjadi “guncangan” besar di Bengkulu. Wonderful Bengkulu 2020 jika kami maknai dari kacamata pegiat usaha sebagai tahun evaluasi apa yang sudah dikerjakan selama ini. Dan terbukti banyak perkembangan. Tidak sedikit tapi banyak. Harus diakui bersama,” tegas Fauzi.
Pasalnya, tambah Fauzi, UKM tumbuh subur terutama UKM kopi sebagai salah satu produk unggulan provinsi Bengkulu.
“Lihatnya sederhana, mulai sejak pak Rohidin memimpin, berapa tumbuh kembang UKM? Artinya ada garis lurus, antara tumbuhnya pariwisata dengan pertumbuhan UKM di Bengkulu,” tutup Fauzi.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =