Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa, Gubernur Bengkulu Berikan Beasiswa S1

Published by Isan Haicing on

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah akan memberikan beasiswa Strata 1 (S1) kepada 100 Kepala Desa dan Perangkat Desa di seluruh Kabupaten se-Provinsi Bengkulu. Program ini untuk meningkatkan kapasitas Kepala Desa beserta perangkatnya dalam rangka mewujudkan tata kelola desa yang mumpuni.

Hal ini disampaikan Gubernur Rohidin saat memberikan araha pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa P3PD Tahun 2023, Kamis (21/9/2023) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Dinas PMD Provinsi Bengkulu.

“Kita programkan pertama tahun ini sudah 100 orang, berkerja sama dengan UT, bentuk kerja samanya itu untuk pembelajaran masa lampau, jadi Kepala Desa itu dihargai kemampuan dia memimpin, kemampuan mengelola keuangan itu sebagai mata kuliah, sehingga kuliahnya itu tidak 4 tahun bisa lebih singkat, anggaran sudah ada, tahun ini mulai berjalan,” jelas Gubernur Rohidin.

Program ini akan berkolaborasi bersama Universitas Terbukahttps://bengkulu.ut.ac.id/ (UT) yang dimulai pada tahun 2023 ini hingga 2026 mendatang. Pendaftaran peserta dapat melalui Dinas PMD Provinsi Bengkulu tentunya akan melakui seleksi bersama UT hingga nanti ditetapkan sebagai penerima Beasiswa Gubernur Bengkulu.

“Pendaftaran di Dinas PMD, nanti Dinas PMD akan berkoordinasi dengan UT selaku Universitas yang kita lakukan kerja sama, baru diseleksi lulus berapa orang yang akan di-SK-kan oleh Gubernur untuk mendapatkan studi,” tambah Gubernur.

Selain itu dalam arahannya kepada Kepala Desa dan Perangkatnya Gubernur Rohidin berpesan agar Kepala Desa mampu untuk mengindentifikasi potensi serta keunggulan dari Desa yang dia pimpin. Baik dari segi Sumber Daya Alam, prospek Pariwisata, juga di bidang wirausaha seperti hasil produk olahan.

“Harus dikenali betul potensi desa itu, jadi keunggulan desa itu dari ini sumber daya alam punya potensi apa, atau kalau tidak punya potensi SDA yang menonjol, coba kembangkan kira-kira kreativitas apa yang bisa dibuat di desa itu. Misalnya jenis produk makanan olahan, yang bisa dikerjakan di desa sehingga bisa menjadi sebuah komoditas unggulan,” pesan Gubernur Rohidin.

Sebagai penutup Gubernur Rohidin mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini, “Ini kegiatan positif sekali, dari kementerian dalam negeri melakukan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dan kelembagaan desa, ada Kepala Desa, Sekretaris Desa, BPD termasuk perangkat desa dan PKK,” apresiasi Gubernur.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa P3PD Tahun 2023 yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri dan Dinas PMD Provinsi Bengkulu ini dilaksanakan selama 4 hari, diikuti oleh 56 Desa dari 4 Kabupaten diantaranya Mukomuko, Bengkulu Tengah, Seluma dan Kepahiang.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *