Tingkatkan Kapasitas Wartawan, PWI Gelar Safari Jurnalistik

Published by kominfo news on

 

Bengkuluprov – Guna meningkatkan kapasitas wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan Nestle, menggelar Safari Jurnalistik 2018 di Provinsi Bengkulu, yang berlangsung di salah satu hotel kota Bengkulu, Kamis  (12/4/2018).

Safari Jurnalistik di Bengkulu ini merupakan tahap ke dua, dimana sebelumnya telah dilaksanakan di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Hadir dalam acara tersebut, Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony,  Sekjen PWI pusat Hendri CH Bangun, unsur Forkompinda Provinsi, yang diikuti seluruh jurnalis media cetak, elektronik dan online.

Menurut ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony, safari jurnalistik ini pada intinya untuk meningkatkan kapasitas kewartawanan bagi jurnalis dalam menjalankan tugasnya.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini, tak lain dan tak bukan, muaranya adalah untuk meningkatkan kapasitas kewartawanan yang ada di Bengkulu ini,” kata Zacky Antony.

Dirinya sangat senang Bengkulu terpilih jadi salahsatu dari lima provinsi yang dilaksanakan safari jurnalistik.

Terlebih mengingat saat ini semakin menjamurnya media online di Bengkulu, sehingga perlu adanya pemahaman bagi para jurnalis.

“Dengan menjamurnya media online, perlu diiringi dengan pelatihan-pelatihan dan literiasi-literasi untuk penguatan kapasitas wartawan,” tegas Zacky.

Untuk hal itu, lanjut Zacky, pihaknya akan terus melakukan pelatihan maupun uji kompetensi bagi wartawan.

Sekjen PWI pusat Hendri CH Bangun mengatakan, peningkatan kapasitas, kompetensi maupun profesionalitas wartawan merupakan tugas utama dari suatu organisasi wartawan.

Dengan adanya peningkatan kapasitas seorang jurnalis maka dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat dalam hal pemberitaan.

“Dengan safari jurnalistik ini, diharapkan teman-teman wartawan dapat menjadi profesional, memiliki wawasan juga beretika,” tegas Hendri.

Sementara itu, Sekda Nopian Andusti yang membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan, media massa merupakan mitra pemerintah yang paling efektif dalam menyampaikan informasi kegiatan pemerintah kepada masyarakat.

“Untuk itu,  kami harapkan kepada media, mari dukung pemeintah. Mari kita bersama-sama, berjalan seiring seirama dalam membangun Provinsi Bengkulu ini,” kata Nopian Andusti.

Guna membangun komunikasi dengan media, sebut Nopian, pemerintah daerah berencana akan melakukan pertemuan secara berkala dengan media massa.

Hal itu, kata Nopian lagi, dimaksudkan agar dapat saling bersinergi, dalam menerima dan menyampaikan informasi dilingkup pemerintahan.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan deklarasi anti hoax oleh PWI Provinsi Bengkulu. (Saipul-Media Center, Humas Provinsi Bengkulu).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =