Gelar Marine Festival di Benteng Marlborough, Gubernur Rohidin Tuai Pujian Kemenprin

Published by kominfo news on

Bengkuluprov – Bencoolen International Marine Festival Provinsi Bengkulu yang dipusatkan di Benteng Marlborough, resmi dibuka oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Sabtu (28/9/2019).
Dalam even tahunan Provinsi Bengkulu yang pertama kali digelar dan merupakan  salah satu Calender of Even Provinsi Bengkulu ini, menyajikan berbagai festival, seperti festival Kopi Bengkulu, lomba Kuliner Laut, Festival Kampung Cina, Festival Seni dan Budaya Benteng Marlborough serta Kampung Komunitas Bencoolen.
Pagelaran Marine Festival yang dipusatkan di Benteng peninggalan bangsa Inggris di Bengkulu dan merupakan Benteng terbesar di Asia ini menuai pujian dari berbagai pihak.
Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih mengatakan, masyarakat Bengkulu mestinya bersyukur punya gubernur seperti Gubernur Rohidin ini, karena Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ini sangat visioner sekali, keratif dan inovatrif dengan menggelar even-even besar di Benteng Marlborough, yang merupakan Benteng terbesar di Asia dimana sebelumnya tidak dikenal banyak orang dan sekarang dideklarasikan.
“Potensi Bengkulu ini dari produksi kopinya aja bagus, punya alam yang bagus dan memiliki satu-satunya Benteng yang terbesar di Asia dan ini kalau bisa dikembangkan sangat bagus sekali untuk promosi dunia, apalagi memiliki Gubernur yang visioner seperti pak Rohidin ini,” ujar Gati Wibawaningsih, saat usai melaksanakan Pencanangan Hari Kopi Internasional 2020 di Provinsi Bengkulu.
Selain terkesan dengan alat musik tradisonal Dhol  Bengkulu, Gati juga mengapresiasi rencana Gubernur Rohidin yang akan menggelar even Jazz dan Coffe di Benteng Marlborough yang sudah mendapatkan support dari pemain Jazz ternama Indonesia. 
“Ya Kopinya, ya Bentengnya dan ciri khasnya, ternyata Bengkulu punya alat musik perkusi yang sangat khusus sekali,” ujar Gati.
Selain itu, sambutan baik mengalir dari Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud RI Fitra Arda, yang sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Gubernur Bengkulu di situs sejarah Benteng Marlborough tersebut.
Dirinya ingin masyarakat Bengkulu merasakan kehadiran kawasan Benteng Marlborough ini. Dengan digelarnya berbagai even di Benteng Marlborough ini, menurutnya, Bengkulu ini menjadi terkenal dengan situs sejarahnya dan dapat mengangkat indentitas Bengkulu serta meningkatkan ekonomi masyarakatnya.
“Kita mendukung penuhlah kegiatan yang dilakukan Gubernur Bengkulu di Benteng Marlborough ini,  hanya lagi tinggal lebih dibangun sinerginya,” sebut Fitra Arda. 
Shandy, salah seorang warga di kawasan Kampung Cina kota Bengkulu mengapresiasi upaya Gubernur Bengkulu untuk menggelar even-even di kawasan Benteng Marlborough dan Kampung Cina ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menhghidupkan kembali kawasan Benteng dan Kampung Cina. dimana dahulunya kawasan Kampung Cina ini merupakan pusat keramaian.
“Secara tidak langsung sisi ekonominya akan berputar, disamping perkembanagn pariwistanya. Kita menyambut baik setiap kegiatan Gubernur yang mengangkat nama baik Bengkulu ini,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Gubernur Bengkulu juga menerima Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Robusta Rejang Lebong Bengkulu dari KemenkumHAM RI.

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + nineteen =