Penyu, Buaya dan Singa Hiasi Pagelaran Lomba Ikan – Ikan Festival Tabut 2019

Published by kominfo news on


Bengkuluprov – Pagelaran Lomba Ikan – Ikan pada Festival Tabut 2019,  pada malam ini berlangsung meriah dan unik, tak hanya identik dengan bentuk Ikan saja, tetapi juga Penyu, Buaya dan Singa yang merupakan kreatifitas dari para peserta Lomba Ikan – Ikan tahap ke II kali ini, Jumat (6/9).
Pada penampilan Ikan – Ikan malam lalu, para peserta diantaranya menampilkan Ikan Tuna, Ikan Cupang, Ikan Louhan, dan Ikan Senangi.
“Lomba Ikan – Ikan di Tabut 2019 ini luar biasa ya antusias dari peserta,  ada sekitar lebih kurang 20 peserta,” ungkap salah satu Dewan Juri Mardin Soni Sair.
Ikan – Ikan sendiri adalah sebuah bentuk permainan rakyat yang lakukan secara turun temurun, yang dibuat dari kertas, rotan, bambu dan kertas warna – warni yang dibentuk menyerupai ikan. 
Dimana dalam penampilannya dilengkapi dengan iringan musik, penari dan penyanyi. Ikan-ikan yang digendong tersebut, juga menari sesuai irama dan lagu yang dimainkan.
“Kriteria yang kami amati dan kami nilai adalah keindahan dari bentuk Ikan itu sendri, berbagai jenis ikan yang ada di Laut Bengkulu ini, keindahan, kemiripannya, itu yang utama, kemudian sinkronnya antara musik dan tari juga nyayian yang khas dalam permainan rakyat Ikan – Ikan ini,” tambah Mardin Soni Sair. (mc – diskominfotikprovbkl)

Categories: Berita

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × two =